Senin, 28 November 2022
Pendidikan

Pakai Sistem Swakelola, DAK Fisik 2022 Disdik Malang Senilai Rp 19,3 M Mulai Dikerjakan

profile
Senopati

20 September 2022 21:30

708 dilihat
Pakai Sistem Swakelola, DAK Fisik 2022 Disdik Malang Senilai Rp 19,3 M Mulai Dikerjakan
Salah satu lembaga sekolah yang akan menerima bantuan pembangunan fisik DAK tahun 2022. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pembangunan fisik lembaga sekolah yang memakai anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 sudah masuk tahap pelaksanaan.

Sebanyak 51 lembaga sekolah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, mendapatkan bantuan sarana dan prasarana program Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Pendidikan tahun ini dengan nilai 19,3 M.

Kepala Bidang Sekolqh Menengah yang saat ini bergeser menjadi Kabid Sekolah Dasar, Kokoh Subagio mengatakan ada 51 lembaga sekolah yang menerima DAK Pendidikan fisik tahun 2022.

Penerima DAK tersebut terdiri dari 12 lembaga sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak Kanak, 18 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 21 lembaga.

"Untuk tahun ini, sebanyak 51 lembaga mulai dari TK atau PAUD, SD dan SMP penerima DAK fisik 2022, dengan anggaran 19,3 milyar," kata Kokoh Subagio, saat ditemui awak media ketika masih menjabat Kabid Sekolah menengah, akhir pekan lalu.

Rincian pagu DAK Fisik Pendidikan ini, diantaranya senilai Rp 900 juta lebih untuk lembaga PAUD, juga diberikan kepada UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) senilai Rp 280 juta, sementara itu, bantuan fisik sarpras untuk jenjang SMP nilai pagunya rata-rata Rp 360 juta per lokal.

“Bantuan fisik sarpras SMP yang diterima sekolah peruntukannya untuk membangun ruang laboratorium IPA dan komputer. Juga, ada yang untuk rehab ruang kelas, sedangkan untuk SD langsung tanyakan ke Kabidnya,” jelas Kokoh Subagio.

Menurutnya, nilai anggaran bantuan tidak sama bergantung paket pekerjaan yang dilakukan. Untuk ruang laboratorium misalnya, nilai pagunya sebesar Rp 360 juta.

"Karena ini sistem swakelola, dan sistem pencairan per termin jadi setiap pengerjaan awal sekitar 25 persen pengerjaan sudah harus dilaporkan,” ungkap Koko Subagio.

Kokoh Subagio menambahkan, saat ini DAK Pendidikan untuk fisik sudah dimulai, sehingga sebelum Desember 2022 semua pekerjaan sudah rampung dan selesai.

"Saat ini pekerjaan fisiknya sudah mulai, dari rehabilitasi sampai ruang kelas baru, diperkirakan bulan Desember mendatang sudah selesai semua," pungkasnya. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pakai Sistem Swakelola, DAK Fisik 2022 Disdik Malang Senilai Rp 19,3 M Mulai Dikerjakan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT