Selasa, 27 September 2022
Pendidikan

Pembinaan Teritorial, Pusdik Arhanud Gembleng Ratusan Siswa SMA SPI

profile
Doi

23 Agustus 2022 15:55

552 dilihat
Pembinaan Teritorial, Pusdik Arhanud Gembleng Ratusan Siswa SMA SPI
147 siswa-siswi SMA SPI Kota Batu ikuti materi Bela Negara di Pusdik Arhanud. (Doi/SJP)

KOTA BATU – Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud) laksanakan pembinaan teritorial, libatkan SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu.

Wakil Komandan Latihan (Wadanlat) Pusdik Arhanud Kapten Arh Alfian Gustaf, mengatakan jika bentuk pembinaan teritorial yang melibatkan SMA SPI Kota Batu itu, dalam materi bela negara.

Materi yang diberikan dalam pendidikan bela negara, diantaranya PBB, latihan kedisiplinan, Tata Upacara Militer (TUM) serta Games yang menekankan tentang pembentukan team work.

Kegiatan pelatihan bela negara di Pusdik Arhanud melibatkan139 Siswa kelas X, XI dan XII, juga 8 Mahasiswa baru Sekolah Tinggi Kewirausahaan (STK) Selamat Pagi Indonesia, sejak Senin 22 Agustus 2022 sampai 23 Agustus 2022.

Unsur dari bela negara, lanjut Gustaf, adalah mengembangkan sikap disiplin dan rajin belajar bagi para siswa yang menerima materi.

"Kedisiplinan diri, dengan semangat belajar yang tinggi akan memunculkan sumber daya manusia yang cerdas dan bertanggung jawab," kata Gustaf.

Dalam kegiatan bela negara ini, Gustaf mengatakan jika perwujudan bela negara bagi generasi muda antara lain, membentuk sikap disiplin baik waktu, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lainnya.

"Para generasi muda, harus dibentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, membentuk mental maupun fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa serta patriotisme sesuai dengan kemampuan diri," papar dia.

Sementara itu, Waka Humas SMA SPI Kota Batu, Didik Tri Hanggono STh MM memberikan apresiasi kepada Tim Pelatih Pusdik Arhanud atas semua materi yang diberikan.

"Kami meyakini, semangat bela negara mampi melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok, membentuk Iman dan taqwa pada agama yang dianut oleh individu, berbakti pada orang tua, bangsa, agama," kata Didik.

Lebih dari itu, ia melihat jika para siswanya dilatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan, menghilangkan sikap negatif.

"Seperti sikap malas, apatis, boros, egois, serta tidak disiplin, disini mereka dibentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama," tandas dia. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pembinaan Teritorial, Pusdik Arhanud Gembleng Ratusan Siswa SMA SPI

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT