Sabtu, 21 Mei 2022
Pendidikan

Resmikan Perpustakan SMPN 2, Walkot Mojokerto Podcast dengan Tema Sekolah Proklamator

profile
Andy

30 Maret 2022 18:27

346 dilihat
Resmikan Perpustakan SMPN 2, Walkot Mojokerto Podcast dengan Tema Sekolah Proklamator
Peresmian perpustakaan SMPN 2 Kota Mojokerto. (Suara Jatim Post)

MOJOKERTO - SMP Negeri 2 Kota Mojokerto, terkenal sebagai Sekolah Sang Proklamator.

Pasalnya, Sang Proklamator yang juga presiden pertama Indonesia ini pernah bersekolah selama lima tahun di SMPN 2 yang dahulu bernama Europesche Lagere School (ELS) pada tahun 1911.

Seolah membawa kenangan belajar tempo dulu. Nampak, bangku-bangku kayu tebal, lampu gantung dengan pencahayaan teduh dan sederet benda-benda bersejarah.

Ada lukisan Presiden Soekarno, buku-buku baru maupun usang, dan nuansa tempo dulu. Bahkan pihak sekolah memberi nama khusus untuk sepanjang selasar ruang : Gedung Ir Soekarno. 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan, di era digital 4.0 ini diharapkan sekolah dapat terus berinovasi. Salah satunya, pagi ini tadi telah diresmikan ruang perpustakaan baru di SMPN 2.

"Tak hanya menyediakan buku secara konvensional, namun perpustakaan digital atau yang biasa disebut e-Library ini harus mampu menyediakan buku - buku digital (e-book) yang dapat dibaca kapan pun dan di mana pun. Sehingga generasi milenial atau siswa tidak harus ke perpustakaan sehingga minat baca terus dapat dikembangkan," ungkap Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Lebih lanjut dikatakannya, semua perpustakan sekolah harus mampu bersinergi dengan perpustakaan daerah untuk menambah aneka buki digital atau e-book.

"Perpustaaakn ini juga dilengkapi dengan ruang podcast. Ini juga menjawab tantangan generasi milenial yang sangat dekat dengan yang namanya sosial media, sehingga diharapkan podcast ini bisa menjawab kebutuhan mereka," sambung Ning Ita.

Menurut Ning Ita, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten tentunya dapat memberikan semangat, motivasi sekaligus inspirasi bagi anak, generasi penerus Kota Mojokerto. Diharapkan anak-anak ini dapat tetap semangat dan konsiten dalam meraih cita-citanya karena semuanya butuh proses, bukan dengan waktu yang singkat.

Podcast siswi SMPN 2 dengan Ning Ita

Sementara itu, Callula siswi kelas 8I SMPN 2 mengatakan, saat podcast bersama Ning Ita, ia berbincang tentang Sekolah Proklamator, Majapahit dan budayanya, serta generasi milenal saat ini khususnya tentang pendidikan.

"Sangat bangga, karena perpustakaan di SMPN 2 ini sangat lengkap, termasuk e-book yang ada di dalam perpustakaan digital. Kami biasa mengaksesnya melalui website, jadi tidak harus ke perpustakaan dulu kalau ingin membaca buku," ungkapnya ketika disinggung terkait ruang perpustakaan yang baru diresmikan Ning Ita.

Kepsek Mulib dan siswi SMPN 2 Callula

Disisi lain, Kepala SMPN 2 Mulib menyampaikan, dengan adanya perpustakaan baru yang disandingkan dengan ruang podcast diharapkan anak-anak bisa meningkatkan baca tulis terkait literasi termasuk di dalamnya literasi digital.

"Dengan tempat strategis, perpustakaan ini kami tempatkan dimana menjadi konsentrasi anak-anak berkumpul sehingga diharapkan dengan budaya membaca ini mampu meningkatkan prestasi mereka," pungkasnya.

Nampak hadir mendampingi Ning Ita, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sonny Basoeki Rahardjo yang juga alumni SMPN 2 tahun 1984, dan Kadikbud Amin Wachid. (Andy Yuwono)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Resmikan Perpustakan SMPN 2, Walkot Mojokerto Podcast dengan Tema Sekolah Proklamator

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT