Rabu, 07 Desember 2022
Pendidikan

Robot Hasil Karya Pelajar SMK MUTU Gondanglegi Menangi Kontes Robotik di Korea

profile
Senopati

25 Agustus 2022 21:57

603 dilihat
Robot Hasil Karya Pelajar SMK MUTU Gondanglegi Menangi Kontes Robotik di Korea
Robotik yang ditampilkan secara Virtual pelajar SMK MUTU Gondanglegi Malang. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Karya rekayasa robotik pelajar SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi Kabupaten Malang kembali mendapatkan penghargaan kontes robot internasional tahun ini. 

Pada ajang International Youth Metaverse Robotics Challenge (IYMRC) yang diselenggarakan di Korea. Ajang kontes IYMRC ini diikuti secara virtual tim M-Turbo SMK MUTU, pada 8 Agustus 2022 lalu, dan pada Kamis, 25 Agustus 2022 diumumkan hasil kontes robotik dunia ini secara daring. 

Robot simulator karya tim M-Turbo SMK MUTU ini akhirnya mendapatkan penghargaan medali perunggu kategori senior. 

Guru pembimbing M-Turbo SMK MUTU, Martono mengatakan, yang ikut berpartisipasi di kontes IYMRC tersebut, Jonathan W. Wiji Saputra dan M Rafif Baharsyah dari kelas XII Teknik Ototronik, "Ide awal yang diambil saat membuat robot Jo-jo dan Rafif adalah, membuat simulator Forklift yang bisa membantu guru Teknik Alat Berat untuk media pembelajarannya," kata guru pembimbing M-Turbo Martono, Kamis (25/8/2022).

Martono menambahkan, Robot Forklift ini mampu memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan robot MRT (My Robot Time).

"Pengoperasian robotnya bisa menggunakan remote control, sehingga operator tidak khawatir akan adanya kecelakaan kerja, dan semua perakitan berdasarkan peralatan yang ada di Robot MRT," jelas Martono

Menjalannya Robot Forklift juga dapat disesuaikan dengan kondisi jalan, bisa naik dan turun dan dengan kecepatan serta gerakan berputar.

Sebagai simulator, robot ini tentu saja juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran Teknik Alat Berat yang dapat menggantikan peralatan yang biasa ada di alat berat. 

"Proses pembuatannya, ditentukan komponen apa yang harus dipasang dan di modifikasi, sehingga gerakannya dapat naik dan turun saat mengangkat barang dan menurunkannya," bebernya.

Martono mengakui, anak didiknya sempat mengalami hambatan dalam mencari ide dalam waktu yang relatif lama, kurang lebih tiga hari harus mencari inspirasi di lingkungan sekolah. 

"Alhamdulillah berkat kerjasama tim dan pendampingan dari kami mampu merah prestasi yang membanggakan bagi SMK MUTU Gondanglegi maupun Kabupaten Malang," pungkasnya.

Robot Jo-jo ini sendiri sudah ikut ketiga kalinya dalam kontes tingkat dunia. Sedangkan di ajang, IYMRC ini adalah pengalaman ajang lomba robotik internasional yang pertama diikutinya. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Robot Hasil Karya Pelajar SMK MUTU Gondanglegi Menangi Kontes Robotik di Korea

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT