Senin, 27 Juni 2022
Pendidikan

Sembilan Siswa Asal Kamboja Diwisuda SPI Kota Batu

profile
Doi

21 Juni 2022 15:17

350 dilihat
Sembilan Siswa Asal Kamboja Diwisuda SPI Kota Batu
Prosesi wisuda untuk sembilan siswa dari Kamboja. (SJP)

KOTA BATU – Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu melepas sembilan siswa yang berasal dari Kamboja, setelah menempuh masa pendidikan formal 3 tahun di Indonesia.

SPI Kota Batu dipilih oleh H E Sokha Scholarship Working Group of The Kingdom of Cambodia, sebagai tempat menimba ilmu pendidikan formal, disertai pelatihan keterampilan berwirausaha.

Sekolah yang berada di Jalan Raya Pandanrejo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji itu mendidik siswa dari Kamboja yang didukung sponsorship JHL Grup berupa bantuan beasiswa. 

Kepala SMA SPI, Risna Amalia mengatakan, mereka melanjutkan pendidikan di Kota Batu melalui program kerja sama antara Kemendikbud RI dengan Kerajaan Kamboja juga sponsor pendukung.

"Kami telah mendapatkan kepercayaan untuk mendidik anak-anak dari Kamboja, dan setiap tahun setidaknya akan ada siswa dari Kamboja yang dititipkan disini (SPI, red)" kata Risna, Senin 20 Juni 2022.

Kedatangan sembilan pelajar asal Kamboja itu, lanjut Risna, diharapkan menjadi stimulus membuka kerja sama antara SMA SPI dengan negara lainnya. 

Risna menuturkan, tahun depan, Kerajaan Kamboja akan mengirimkan 20 pelajar. Hal itu memacu lembaga pendidikannya agar bisa lebih optimal meningkatkan kualitas layanan pembelajaran.

Perbedaan bahasa, diakui Risna, menjadi hambatan komunikasi ketika pelajar dari negara lain baru tiba di Indonesia. 

"Lambat laun hal itu pun bisa teratasi, selama dua bulan pihak sekolah intens mengajarkan Bahasa Indonesia kepada sembilan pelajar asal Kamboja itu," jelas dia.

Pelajaran pertama kali, masih masih kata Risma, yakni penyesuaian bahasa. Karena pihak sponsorship maupun kementerian, berpesan harus mengutamakan Bahasa Indonesia.

"Untungnya, mereka tinggal di asrama sehingga cepat beradaptasi," ujar Risna.

Risna memaparkan, pembelajaran di SMA SPI menerapkan pola pendidikan jalur ganda, yang mengkolaborasikan kurikulum pendidikan akademis dengan keterampilan sesuai minat tiap peserta didik. 

"Peserta didik kami arahkan untuk bisa menggali potensi dirinya melalui keterampilan sebagai bekal menjalani kehidupan," ungkap dia

Perwakilan siswa dari Kamboja, UK Sreypich merasa nyaman mengenyam pendidikan di SMA SPI Kota Batu. Meskipun awalnya, ia mengalami kesulitan berkomunikasi karena perbedaan bahasa. 

"Suka di sini. Banyak sekali keterampilan yang diajarkan. Mulai dari pengembangan bisnis, multimedia, perhotelan, pertanian hidroponik hingga mengolah makanan," tutur dia.

Perempuan 18 tahun itu mengaku senang karena banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Ilmu yang didapatnya menjadi bekal dirinya ketika kembali ke negaranya. (Redaksi)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sembilan Siswa Asal Kamboja Diwisuda SPI Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT