Kamis, 06 Oktober 2022
Pendidikan

Tingkatkan Perekonomian Santri, Ponpes Al-Qodiri 2 Gelar Bazzar UMKM

profile
Rochul

23 Agustus 2022 22:15

423 dilihat
Tingkatkan Perekonomian Santri, Ponpes Al-Qodiri 2 Gelar Bazzar UMKM
Kegiatan UMKM Bazzar Santri di Ruang Lingkup Al-qodiri 2 Dusun Krebet Desa Gumukmas Jember. (SJP)

JEMBER – Ratusan santri Ponpes Al-qodiri 2 yang berada di Dusun Krebet, Desa Gumukmas, Kecamatan Gumukmas Jember Jawa timur gelar bazzar Santri selama 3 hari berturut turut.

Kegiatan perdana tahunan tersebut, selain untuk meningkatkan jiwa entrepreneur para santri juga siswa siswi yang memang bersekolah di ruang lingkup pondok.

Sebanyak 22 stand di siapkan oleh pihak penyelenggara kegiatan dan hal tersebut ternyata mematik antusiasme para siswa SMK, MA dan juga MTS yang berada di ruang lingkup pondok untuk menjual produk yang selama ini mereka pasarkan secara online melalui sosial media.

Produk yang mereka jual di acara Bazzar tersebut, mulai makanan siap saji, seperti hal nya Salad Buah, dan juga jajanan pasar yang mereka jual tidak lebih dari 5 ribu rupiah.

Selain makanan, para santri juga menjual produk baju dan kaos yang di patok dengan harga 50-70 ribu rupiah perpotong.


"Kegiatan kami ini adalah perdana dan rencana akan menjadi agenda tahunan, ini kita lakukan selama 3 hari mulai hari senin- Rabu besok," Kata Amirudin Ketua Panitia Bazzar Santri Al-qodiri 2, Selasa,(23/8/2022).

Ditanya lebih lanjut tentang produk yang dihasilkan oleh para siswa dan juga santri, Amirudin menjelaskan.

"Jadi para santri itu saat berada di pondok kita ajari Interprenuer, hal ini agar santri dan siswa bisa berkembang dengan baik, selain ajaran agama juga kita ajarkan cara berdagang yang baik.selain produk makanan, para santri juga membuat produk baju dan gaun yang di jual secara langsung maupun online," ungkap Amirudin.

Tidak hanya itu saja, Amirudin juga menuturkan jika antusiasme pembeli sangat luar biasa, karena di sela sela kegiatan bazzar juga digelar lomba lomba agustusan sehabis salat duhur.


"Kami lakukan lomba lomba juga disini, karena biar masyarakat dan santri tambah semangat di hari kemerdekaan RI ke 77 ini," Imbuhnya.

Sementara ditempat yang sama, Leni Tri Lestari salah satu Siswi kelas 2 MA jurusan IPS tersebut mengungkapkan, jika kegiatan ini cukup luar biasa, karena sebagai siswa dirinya dapat uang tambahan dari produk yang mereka buat.

"Alhamdulillah pak, kami dengan kegiatan ini bisa dapat income tambahan, karena saya punya produk makanan seperti salad dan lain lain yang saya jual murah meriah yaitu 3-4 ribu perporsi," kata Leni.

Selain itu, Leni juga berharap kegiatan ini bisa dilakukan sering dan bisa nantinya menjadi barometer masyarakat ketika mencari makanan dan juga produk baju dan juga hasil karya anak pondok seperti kami.

"Semoga kedepan kegiatan ini sering dilakukan, karena kami sebagai siswa dan santri punya banyak produk yang selama ini kami buat sendiri dan jual secara daring atau online," terangnya.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tingkatkan Perekonomian Santri, Ponpes Al-Qodiri 2 Gelar Bazzar UMKM

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT