Rabu, 31 Mei 2023
Peristiwa Daerah

6 Kios Pasar Baru Jember Ludes Terbakar, Pedagang Lain Selamatkan Dagangan

profile
Rochul

10 April 2023 12:41

3.5k dilihat
6 Kios Pasar Baru Jember Ludes Terbakar, Pedagang Lain Selamatkan Dagangan
Kondisi kios terbakar di Pasar Baru Kencong, Kabupaten Jember. Senin (10/4/2023). ( M Rochul Ulum / SJP)

Kabupaten Jember, SJP – Pasar baru kencong, yang berada di kecamatan kencong, kabupaten Jember pada Senin, 10 April 2023 sekitar pukul 06.00 Wib ludes terbakar.

Sebanyak 6 kios ukuran 3X4 meter milik tiga orang yaitu, Amalia, Urmita serta Umi Sanah yang berada di Blok AF luluh lantak akibat amukan si jago merah.

Atas kejadian ini, menurut pengelola pasar baru, Untung As'ad, jika pada pagi itu api muncul dari toko konveksi Amalia, setelah itu api menyambar kios yang berdekatan, yaitu Urmita dan Umi Sanah.

"Kepulan asap, dan api tiba tiba membesar dan menyambar toko lain, dan hingga siang ini sudah jelas bahwa ada 6 kios yang terbakar, dan itu milik tiga orang," kata Untung As'ad.

Lebih lanjut, ditanya apa penyebab pasti, dan berapa kerugian yang ditimbulkan dari tragedi kebakaran ini, pihak pengelola menjabarkan.

Pedagang pasar baru Kencong saat pindahkan barang
"Diduga ini akibat aliran listrik, dan tadi sempat terjadi ledakan berkali kali dan percikan. Untuk kerugian sendiri kurang lebih 500 juta rupiah, hal itu yang disampaikan pedagang, karena kondisi memang jelang lebaran, jadi baju dan perlengkapan habis kulaan,(beli)," jelasnya.

Tidak hanya itu saja, pengelola pasar juga menjelaskan, jika kios yang terbakar yaitu Milik Amalia berjualan Konveksi tiga toko yang terbakar, sedang Urmita 2 kios berjualan  Akserosis, dan Umi Sanah 1 kios berjualan baju jadi.

"Kios milik tiga orang mas, dan semua habis terbakar, dan akibat kejadian ini, para pedagang lain khawatir juga terjadi hal serupa, dan mereka memilih menutup kios dagangan dan mengeluarkan isinya untuk lebih aman," keluhnya.

Sementara itu, atas insiden ini, pihak kepolisian sektor kencong polres Jember melakukan olah TKP.

"Kami lakukan lidik, dan kami terjunkan anggota untuk olah TKP, dan kami juga akan pastikan apa sebenarnya yang terjadi, apakah murni konsleting listrik, atau ada hal lain," terang Kapolsek kencong AKP Adri Santoso.

Sementara hingga saat ini, warga masyarakat pedagang pasar baru kencong masih beberapa tidak mau membuka kios, karena mereka trauma apa yang telah terjadi hingga sekitar 2 jam pemadaman dilakukan oleh Damkar Jember atas tragedi kebakaran ini. (*)

Pewarta: M Rochul Ulum 
Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

6 Kios Pasar Baru Jember Ludes Terbakar, Pedagang Lain Selamatkan Dagangan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT