Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Akibat Terjangan Banjir, Jembatan penghubung Dusun Di Jember Putus

profile
Rochul

25 Oktober 2022 20:21

585 dilihat
Akibat Terjangan Banjir, Jembatan penghubung Dusun Di Jember Putus
Kondisi Jembatan Putus Di Darungan Kecamatan Tanggul Jember. (SJP)

JEMBER – Hujan mengguyur wilayah Jember dari siang hingga sore hari, Selasa (25/10/2022),  Menyebabkan jembatan di Dusun Plalangan, Desa Darungan, Kecamatan Tanggul putus.

Putusnya jembatan itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, hal itu akibat terjangan air sungai yang debit airnya cukup deras. Sehingga pondasi jembatan tidak kuat dan ambruk.

Jembatan putus adalah penghubung antar dusun di Desa Darungan. Untuk info sementara, menurut salah seorang warga setempat Budi Sutrisno, kurang lebih 300 KK saat ini terisolir akibat kejadian alam ini.

“Jembatan itu berada di satu wilayah desa. Yakni Desa Darungan. Menghubungkan antar dusun, yakni Dusun Plalangan sebelah utara dan Dusun Jumbatan sebelah selatannya," Kata Budi saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (25/10/2022) petang.

Jembatan itu, lanjut Budi, juga menuju ke jalan utama antar Provinsi di wilayah Kecamatan Tanggul, jaraknya kurang lebih 10 Km dari jalanan utama antar provinsi.

Sementara itu, untuk Masyarakat dan warga yang terkena dampak jembatan putus.

“Untuk warga terisolir lumayan banyak, sisi utara jembatan itu kisaran ada 300 KK. Rincinya, untuk Dusun Plalangan kurang lebih 220 KK, Perum Petung Tulis sekitar 80 KK. Jari ada dua dusun yang terisolir,” sambungnya.

Dengan putusnya jembatan tersebut, kata Budi, untuk kendaraan bermotor roda empat tidak bisa melintas. Sementara untuk roda dua harus memutar cukup jauh.

“Untuk kendaraan roda 4 sudah tidak bisa sama sekali (melintas). Kalau kendaraan roda 2 harus melewati daerah wisata danau Langon (memutar), yang ada di Dusun Bataan. Itupun akses jalannya sangat sulit, karena tanah berlumpur,” ungkapnya.

“Tambahan informasi, untuk jembatan ini. Adalah akses jalan angkutan produksi Kebun Zeelandia Afdeling Sumber Bulur-Petung Tulis, menuju ke Pabrik Zeelandia,” imbuhnya.

Terpisah Koordinator Regu TRC BPBD Jember Holik mengatakan, pihaknya saat ini berkoordinasi untuk melakukan langkah penanganan bencana. Terutama soal putusnya jembatan.

“Tim kami berangkat ke lokasi, dan benar info sementara kurang lebih 300 KK terisolir. Jembatan itu menghubungkan antar dusun,” ujar Holik.

Terkait langkah penanganan, lanjutnya, tim TRC BPBD Jember akan melakukan asessment. Termasuk upaya untuk mencari akses jalan alternatif.

“Nanti kita akan upaya mencari jalur alternatif, untuk membantu warga yang terisolir,”.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Akibat Terjangan Banjir, Jembatan penghubung Dusun Di Jember Putus

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT