Senin, 27 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Angkut 33 Kayu Jati Gelondong di Situbondo, Sebuah Truk Ditinggal Kabur Sopirnya

profile
Sarwo

18 Mei 2022 23:08

696 dilihat
Angkut 33 Kayu Jati Gelondong di Situbondo, Sebuah Truk Ditinggal Kabur Sopirnya
Truk bermuatan 33 gelondong kayu jati saat diamankan petugas Patroli TN Baluran. (SJP)

SITUBONDO - Diduga muat 33 gelondong kayu jati hasil curian dikawasan hutan TN (Taman Nasional) Baluran Situbondo sebuah truk ditinggal kabur sopirnya.

Truk Nopol DK 8632 WD bermuatan kayu jati, diduga hasil curian dari hutan TN Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Hingga saat ini, Rabu (18/5/2022), belum diketahui siapa sopirnya. Karena saat petugas tiba dilokasi sopir truk tersebut berhasil kabur dari sergapan petugas.

Diperoleh keterangan, usai melancarkan aksinya truk tersebut terhenti dan tidak bisa bergerak karena ban belakang truk tersebut amblas akibat tanah yang dilewati gembur.

Kemudian sopir kabur meninggalkan truk syarat muatan kayu jati yang diduga hasil curian.

Humas TN Baluran, Joko Mulyono membenarkan, setelah menerima laporan dari masyarakat anggota patroli langsung bergerak ke lokasi dan berhasil mengamankan sebuah truk bersama puluhan gelondong kayu yang diduga hasil pencurian dipinggir jalan raya kawasan TN Baluran.

"Awalnya truk tersebut, terlihat oleh salah satu warga yang kebetulan melintas di jalan hutan Baluran dan melihat ada truk yang keluar dari hutan," terang dia, Rabu (18/5/2022) sore.

Tepatnya, lanjut dia, di pos blok dua Bitakol kesulitan untuk naik ke bibir jalan Pantura. Oleh warga tersebut, kemudian dilaporkan ke petugas jaga TN Baluran, tutur Joko Mulyono.

Dari informasi tersebut, petugas Patroli TN Baluran langsung menyisir sepanjang jalan kawasan hutan tersebut.

Sesampainya di lokasi truk bermuatan kayu itu tidak bergerak. Sehingga tim patroli langsung melakukan pengecekan. Namun, sopir sudah tidak ada dilokasi.

"Karena  truk tersebut tidak ada sopirnya di lokasi tersebut. Selain melakukan pemeriksaan petugas patroli juga mengikuti jejak ban truk yang berasal dari tengah hutan," terang dia.

Bahkan, lanjut Joko, petugas menemukan enam batang kayu yang belum di muat truk ditengah hutan tersebut.

"Karena pelaku tidak ada, petugas langsung membawa truk bermuatan kayu tersebut ke taman nasional Baluran," ungkap Joko Mulyono.

Joko menjelaskan, Setelah sampai di kantor TN Baluran petugas langsung melakukan penghitungan kayu yang berada di atas truk.

"Setelah di hitung, total keseluruhan kayu yang ada di atas truk, ada 33 gelondong dengan panjang rata-ratanya dua meter. Itu ukuran rata rata, karena ukurannya banyak yang tidak sama," jelas Joko.

Hingga saat ini, sambung Joko, petugas masih melakukan penyelidikan, dan informasi  selanjutnya akan kembali disampaikan

"Nanti kalau ada update data terbarunya akan kami sampaikan Kemabali," tukas Joko. (SJP)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Angkut 33 Kayu Jati Gelondong di Situbondo, Sebuah Truk Ditinggal Kabur Sopirnya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT