Selasa, 24 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Antisipasi Antrian Pembeli Solar di Situbondo, Polisi Monitoring dan Jaga SPBU

profile
Sarwo

28 Maret 2022 21:45

464 dilihat
Antisipasi Antrian Pembeli Solar di Situbondo, Polisi Monitoring dan Jaga SPBU
Antrian solar di SPBU Situbondo. (Suara Jatim Post)

SITUBONDO, - Jajaran Polres Situbondo menempatkan personil polisi pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk memonitoring ketersediaan BBM jenis solar dan mengantisipasi antrian panjang yang dapat menimbulkan kemacetan di Jalan Raya.

Menyusul adanya ratusan supir rela mengantri hingga 3 jam dan menimbul kemacetan arus lalu lintas dari dua arah pada hari Minggu siang kemarin, yang terjadi di sepanjang Jalan Raya Pantura tepatnya di SPBU Sumberejo Banyuputih, Situbondo, selain monitoring polisi juga melakukan penjagaan.
 
"Untuk antisipasi agar hal serupa tidak terjadi lagi, personil Polsek Banyuputih melakukan penjagaan dan pengaman di SPBU tersebut,"kata AKP Heru Purwanto, Kapolsek Banyuputih, Selasa (28/3/2022) siang.

Menurut dia, pihaknya juga memonitoring kersediaan BBM jenis solar. Selain itu, juga berupaya melakukan koordinasi bersama pengelola SPBU dan konsumen.

"Jadi, monitoring dan pengamanan dilakukan secara terbuka, agar tidak terjadi antrian panjang, pengelola SPBU melakukan pembatasan pembelian solar terhadap konsumen per kendaraan dijatah Rp 300 ribu,"tuturnya 

Dengan cara ini, lanjut Heru, akan lebih efektif untuk menghindari antrian kendaraan serta untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas. 

Berdasarkan keterangan dari pengelola SPBU, kelangkaan BBM jenis solar ini, disebabkan karena keterlambatan pasokan dari Pertamina dan juga pengurang stok yang dikirim ke SPBU ini.

"Selain pasokan dari Pertamina terlambat, pengiriman stok solar yang biasanya 15 ribu liter, kini pengiriman hanya dijatah 8 ribu liter. Yang menjadi penghambat dan dapat menimbulkan antrian, karena pendataan yang terhubung secara online, langsung ke Pertamina pusat. Ini yang menjadi kendala petugas SPBU, sehingga ada keterlambatan pengiriman,"ujarnya.

Hingga siang ini, sambung Heru, tidak terjadi antrian yang dapat menimbulkan kemacetan.

"Alhamdulillah, tidak terjadi antrian dan tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas. Proses jual beli BBM jenis solar ini berjalan lancar, aman dan terkendali,"pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk mendapatkan BBM (Bahan Bakar Minyak) bio solar, ratusan supir di SPBU, Sumberejo, Situbondo, Jawa Timur, rela antri hingga 3 jam.

Antrian panjang dari dua arah hingga sejauh kurang lebih 3 kilometer ini terjadi di SPBU Sumberejo, Banyuputih Situbondo, hingga membuat arus lalu lintas macet total, terjadi pada Minggu (27/3/2022) siang. (Sarwo)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Antisipasi Antrian Pembeli Solar di Situbondo, Polisi Monitoring dan Jaga SPBU

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT