Kamis, 07 Juli 2022
Peristiwa Daerah

Satpolair Situbondo Razia Kapal Pembawa Ternak untuk Antisipasi PMK

profile
Sarwo

15 Mei 2022 07:22

466 dilihat
Satpolair Situbondo Razia Kapal Pembawa Ternak untuk Antisipasi PMK
Antisipasi PMK, Polair Polres Situbondo saat gelar razia muatan perahu dan kapal di pelabuhan Kalbut Situbondo (Istimewa/SJP)

SITUBONDO — Satpolair Polres Situbondo melakukan razia sejumlah perahu dan kapal pembawa ternak yang masuk melalui perairan Situbondo.

Razia ini untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) masuk ke wilayah Kabupaten Situbondo melalui jalur lautm

Lokasi razia yang dipimpin langsung Kasatpolair Polres Situbondo  AKP Hari Pamuji, di pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran, Situbondo.

Petugas mencegah kapal dan perahu masuk yang membawa hewan ternak tanpa dilengkapi dokumen karantina.

"Razia di pelabuhan Kalbut ini untuk memantau dan membatasi mobilitas hewan ternak dari Pulau Sepudi, Sumenep Madura ke Situbondo," ujar Hari.

Salah satu kapal layar motor (KLM) Barokah Jaya di pelabuhan Kalbut, Situbondo ini saat dirazia tidak ditemukan mengangkut hewan ternak, hanya membawa cabe.

"Kami akan terus melakukan patroli pengamanan. Anggota kami terjunkan, untuk terus memantau jalur laut, dan kali ini tidak ada hewan ternak yang diangkut. Hanya barang dan lombok (cabe) yang diangkut," katanya.

Sementara itu, nahkoda KLM Barokah Jaya mengatakan, pihaknya mengalami kerugian sangat besar lantaran tidak berani membawa puluhan ekor sapi masuk ke wilayah Situbondo.

"Sebetulnya ada puluhan ekor sapi yang hendak diangkut dari Sepudi. Karena tidak ada rekomendasi dari petugas, sehingga kami tidak berani membawa puluhan ekor sapi tersebut," keluhnya.

"Ya rugi. Harusnya kita dapat Rp4 juta sekali pengiriman, ini hanya bawa barang ya rugi di perjalanan juga," tutupnya.

Editor: Noordin Djihad

Tags
Anda Sedang Membaca:

Satpolair Situbondo Razia Kapal Pembawa Ternak untuk Antisipasi PMK

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT