Jumat, 08 Juli 2022
Peristiwa Daerah

Berkah Lebaran, Warga Jember Kebanjiran Order Ketupat

profile
Rochul

07 Mei 2022 14:07

535 dilihat
Berkah Lebaran, Warga Jember Kebanjiran Order Ketupat
Pengrajin ketupat asal kecamatan kencong Jember Sri Hartati.

JEMBER - Sri Hartati,(43) warga Desa kencong, Jember pengrajin ketupat kebanjiran order saat lebaran datang.

Setiap hari saat lebaran seperti ini bisa habiskan 10 ikat janur dengan estimasi dijadikan anyaman ketupat antara 500-1000 buah.

Untuk harga sendiri setiap anyaman berisi 10 ikat iya jual seharga 8 ribu, dan untuk pembeli sendiri kadang datang kerumah yang bersangkutan maupun iya setorkan langsung ke pasar sekitar kecamatan kencong.

Selain pembeli datang langsung, Sri yang berprofesi sudah 10 tahun ini juga menjual secara online, dan pembeli datang dari kawasan kecamatan Gumukmas hingga kecamatan Puger.

"Untuk harga tahun ini per ikat anyaman jadi kita bandrol 8 ribu, karena janur sekarang agak mahal harga nya per ikat,(Bentel) bisa seharga 25-30 ribu dengan isi janur perbatang kurang lebih 70-100 janur," kata Sri, disela sela kesibukan membuat anyaman ketupat, sabtu,(7/5/2022).

Sri juga menjelaskan, untuk saat ini memang ramai pembeli ketupat, jadi iya dan karyawanya bekerja mulai pukul 2.00 dini hari hingga siang.

"Kalau musim seperti ini ya kami kerja mulai dini hari hingga siang, karena pemesan dari berbagai tempat sudah berpesan ke kami, belum yang langsung datang ketempat kami," terangnya.

Sri juga menambahkan, jika sekarang ini harga janur mahal, dan ia dapat juga dari kecamatan kencong demi meningkatkan ekonomi bersama sama ditengah pandemi yang mau hilang ini.

Terpisah, salah satu pembeli dari kabupaten Probolinggo yang kebetulan mudik di kecamatan kencong juga menyampaikan.

"Saya tahu dari saudara saya disini ada pengrajin ketupat, ini moment lebaran jadi mumpung kumpul sama keluarga besar jadi saya akan membuat ketupat sayur opor ayam," terangnya.

Dari pantauan media, pengrajin ketupat yang kebanjiran order tersebut mulai jam 02:00 WIB hingga siang hari tidak berhenti karena banyaknya pesanan dari masyarakat jelang lebaran ketupat. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berkah Lebaran, Warga Jember Kebanjiran Order Ketupat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT