Sabtu, 21 Mei 2022
Peristiwa Daerah

BI Jember Sediakan 81 Titik Lokasi Penukaran Uang baru

profile
Rochul

14 April 2022 19:09

927 dilihat
BI Jember Sediakan 81 Titik Lokasi Penukaran Uang baru
Bank Indonesia sediakan jasa penukaran uang baru. (SJP)

JEMBER - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember menyiapkan uang tunai Rp4,98 Triliun untuk penukaran uang baru kebutuhan menjelang Lebaran 1443 H/2022. 

Uang tersebut nantinya dengan komposisi Rp4,56 Triliun uang pecahan besar, dan Rp420 Miliar uang pecahan kecil.

Menurut Kepala KPwBI Jember Yukon Afrinaldo, untuk nominal uang yang disiapkan BI terkait penukaran uang baru. Mengalami peningkatan dibandingkan Lebaran tahun 2021 lalu.

"Untuk penukaran uang tunai kebutuhan menjelang lebaran, meningkat sebesar 61,16% . Dibandingkan periode Ramadan tahun lalu sebesar Rp3,09 triliun. Jumlah tersebut termasuk Rp2,5 triliun uang siap edar yang dititipkan Kantor Pusat BI di khazanah BI Jember," kata pria yang akrab dipanggil Aldo ini, saat press rilis di Kantor KPwBI Jember, Kamis (14/4/2022).

Lanjut Aldo, untuk penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut. BI telah memperhatikan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan mempertimbangkan dari geliat pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah kan sekarang kian melandai. Tapi meskipun demikian, proyeksi kebutuhan uang tunai periode Ramadan tahun ini diperkirakan sebesar Rp1,14 triliun atau menurun sebesar 47,84 persen," ulasnya.

Karena dari data tahun sebelumnya, kata Aldo, kebutuhan uang tunai kala itu sebesar Rp 2,18 triliun. 

"Hal ini disebabkan karena optimalnya Transaksi Uang Kartal Antar Bank (TUKAB) atau mekanisme pemenuhan uang tunai suatu bank dengan mendahulukan sumber pemenuhan dari bank lain sebelum melakukan penarikan di Bank Indonesia. Implementasi mesin ATM setor tarik tunai atau cash recycling machine (CRM) di beberapa bank, juga turut mempengaruhi penurunan proyeksi kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan tahun ini," ulasnya.

Lebih lanjut Aldo juga menyampaikan, terkait lokasi penukaran uang nantinya. BI Jember sudah menyediakan 81 lokasi tempat penukaran uang.

"Penukaran loket bank umum yang dapat dimanfaatkan masyarakat selaku nasabah bank mulai tanggal 4 hingga 29 April 2022. Sedangkan bagi masyarakat umum, Bank Indonesia Jember membuka layanan penukaran kas keliling di Roxy Mall Jember mulai tanggal 18 hingga 20 April 2022," jelasnya.

Namun nantinya, kata Aldo, masyarakat yang akan melakukan penukaran uang. Diminta untuk mendaftar online menggunakan aplikasi PINTAR pada situs https://pintar.bi.go.id. 

"Mekanisme pendaftaran pemesanan penukaran itu, sebagai upaya mitigasi kerumunan masyarakat yang berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19, karena setiap harinya terdapat kuota jumlah penukar yang dapat dilayani," ujarnya.

"Di aplikasi si pintar itu ada nama, jumlah uang yang akan ditukar, dan nanti semua lengkap di sana. Jadi isi dulu ya,".(Lum)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

BI Jember Sediakan 81 Titik Lokasi Penukaran Uang baru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT