Selasa, 24 Mei 2022
Peristiwa Daerah

BMKG Prediksi Pancaroba Akan Melanda Banyuwangi Hingga Mei Mendatang

profile
Ikhwan

28 Maret 2022 21:41

377 dilihat
BMKG Prediksi Pancaroba Akan Melanda Banyuwangi Hingga Mei Mendatang
BMKG Banyuwangi siaga bencana. (Suara Jatim Post)

BANYUWANGI - Banyuwangi saat ini tengah dihadapkan pada kondisi pancaroba. Kondisi tersebut diprediksi akan berlangsung hingga pertengahan Mei mendatang.

Prakirawan BMKG Banyuwangi, I Gede Agus Purbawa mengatakan pancaroba atau peralihan musim memicu terjadinya cuaca ekstrem. Oleh sebab itu ia mengimbau agar warga senantiasa waspada. 

"Musim pancaroba masih akan berlangsung hingga bulan April. Bahkan, untuk dataran tinggi bisa sampai bulan Mei. Sebab tekanan udara di daerah dataran tinggi dan rendah memang berbeda. Sehingga sebagian wilayah di Banyuwangi sudah ada yang masuk musim kemarau, sebagian masih berada di musim hujan," ujar Prakirawan BMKG Banyuwangi, I Gede Agus Purbawa, Senin (28/3/2022).

Selama masa pancaroba, kata dia, tekanan udara memiliki kecenderungan berubah-ubah. Pembentukan awan cumulonimbus pun terbilang cepat, hal itu yang memicu cuaca yang semula cerah mendadak berubah menjadi mendung dan hujan. 

"Peralihan musim ini akan memicu terjadinya cuaca ekstrem, seperti hujan deras disertai angin kencang hingga petir," katanya.

Oleh karena itu pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk bisa mengenali cuaca selama masa peralihan musim. Karena, potensi hujan lebat, disertai angin kencang hingga petir masih akan terjadi. "Tidak menutup kemungkinan akan terjadinya hujan es," tambahnya.

Masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar pesisir pantai juga diimbau agar mewaspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi.

"Kecepatan angin sendiri bisa mencapai maksimal 20 knot atau setara dengan 37 kilometer per jam. Sedangkan gelombang tinggi bisa mencapai 3 meter. Sehingga masyarakat kami imbau untuk tetap waspada," pungkasnya. (Ikhwan)

Tags
Anda Sedang Membaca:

BMKG Prediksi Pancaroba Akan Melanda Banyuwangi Hingga Mei Mendatang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT