Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Buntut Blokade Jalan oleh Warga Puger, Pemkab Jember Cari Solusi Bersama

profile
Rochul

18 Januari 2023 18:52

571 dilihat
Buntut Blokade Jalan oleh Warga Puger, Pemkab Jember Cari Solusi Bersama
Dinas Perindustrian dan Perdagangan KabupatenJember bersama CV pengelola Gunung Sadeng.

Jember - Permasalahan warga Puger, Kabupaten Jember, yang meminta hak pengelolaan lahan gunung sadeng seluas 10 hektare memasuki babak baru. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mengundang empat pihak dari CV yang mengelola gunung untuk audiensi.

Pertemuan tersebut berkaitan dengan permintaan warga petani lokal tumangan agar bisa mengelola gamping untuk menyambung hidup.

Pemkab Jember yang diwakili oleh Plt Sekda Arief Tyahyono menjelaskan bahwa audensi digelar menindaklanjuti penyampaian pendapat masyarakat.

Arief menjelaskan, ada dua hal yang dilakukan bersama-sama. Pertama, soal perizinan pertambangan yang jelas. "Bahwasanya kewenangan terkait dengan perizinan bukanlah wewenang Pemerintah Kabupaten Jember,” ujar Arief, Rabu (18/1/2023).

Oleh karena itu, lanjut dia, hal kedua adalah adalah, pihaknya bersama perwakilan masyarakat bertemu dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim untuk memperjuangkan nasib warga.

Plt Sekda juga menyampaikan bahwa hasilnya tidak akan jauh beda. “Soalnya, sejak 2016 ada peralihan dari kabupaten ditarik ke provinsi, dari provinsi ditarik ke pusat, dari pusat ditarik lagi ke provinsi. Tentunya, perlu ada penataan kembali,” tuturnya.

Pada prinsipnya, dia menerangkan bahwa Bupati Jember Hendy Siswanto bakal mengakomodasi serta mencari jalan terbaik untuk semua pihak. “Tetapi caranya dengan tidak menabrak aturan,” ujarnya. Apalagi sampai main klaim lahan milik orang lain," terangnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kadisperindag Jember, Bambang Saputro, terdata ada 254 hektare Gunung Sadeng.  “Sebanyak 195 hektare lebih sedikit milik Pemkab Jember, sisanya sekitar 50 hektare tanah milik negara bebas,” ujarnya.

Menurut catatan, ada 18 perusahaan yang telah memiliki izin terkait pengelolaan. “Namun, izinnya masih bervariasi. Ada yang sudah memiliki izin lengkap hingga IUP operasi produksi, ada yang baru IUP eksplorasi, ada yang sebagian masih WIUP,” tandasnya. (Ulum)

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Buntut Blokade Jalan oleh Warga Puger, Pemkab Jember Cari Solusi Bersama

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT