Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Bupati Kediri Serahkan Bantuan bagi Warga yang Alami Kerugian Akibat Kerusuhan Ngadiluwih

profile
vebri

20 Januari 2023 21:07

1.5k dilihat
Bupati Kediri Serahkan Bantuan bagi Warga yang Alami Kerugian Akibat Kerusuhan Ngadiluwih
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memberikan bantuan bagi warga akibat kerusuhan di Kecamatan Ngadiluwih.

Kediri - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memberikan bantuan sosial untuk warga yang mengalami kerugian material akibat kerusuhan di Kecamatan Ngadiluwih. 

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri tersebut menyerahkan langsung bantuan berupa uang tunai kepada warga Desa Wonorejo. Dari kedatangannya tersebut, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu memastikan kondisi warganya sudah membaik.

Menurutnya, tinjauan yang dilakukannya bersama Forkopimda Kabupaten Kediri ini sekaligus untuk memetakan penyebab dan solusi dari kejadian tersebut. 

“Saya bersama Pak Dandim, Pak Kapolres, Ketua DPRD dan Pak Kajari memetakan kejadian kemarin sebenarnya penyebabnya apa,” kata Mas Dhito, Jumat (20/1/2023). 

Dalam agenda tersebut, Mas Dhito mendengarkan keluh kesah warga RT 04 RW 02 Desa Wonorejo paska terjadinya kerusuhan. 

Selain kerugian material, lanjut Mas Dhito, warga di kawasan tersebut juga mengalami trauma. Bahkan salah satu warga mengalami trauma berat.

“Masih ada warga yang trauma, kita lakukan trauma healing. Bahkan tadi ada ibu-ibu jika mendengar suara motor digas masih trauma sampai sekarang,” tuturnya. 

Dari data Dinas Sosial Kabupaten Kediri, warga yang mengalami kerusakan material kategori berat sebanyak 9 orang. Dari data itu, kerusakan dialami oleh pedagang. Di mana pedagang ini masing-masing mendapatkan subsidi sebesar dua juta rupiah. 

“Untuk motor yang dibakar dan rusak parah ini mendapatkan bantuan (subsidi) senilai 5 juta,” terang Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Dyah Saktiana. 

Wanita yang kerap dipanggil Nana itu menambahkan, jumlah kerusakan material yang ditimbulkan ini jauh lebih banyak. Dia menuturkan subsidi bagi kerusakan kategori ringan telah ditangani oleh pihak desa. 

Di samping itu, Mas Dhito juga memberikan sembako bagi warga di RT tersebut. “Untuk (bantuan) sembako, satu RT ini sudah dicukupi oleh Mas Bupati (Mas Dhito). Insyaallah bantuan sembako yang diberikan cukup untuk satu bulan,” kata Nana. 

Mas Dhito kembali menegaskan jika ditemukan oknum-oknum membuat anarkistis di Kabupaten Kediri, maka pihaknya bersama Forkopimda tidak akan memberikan toleransi. 

“Kedepannya, tidak ada toleransi bagi oknum yang melakukan tindakan anarkis di Kabupaten Kediri,” tegasnya.

Sebelumnya, Mas Dhito juga memberikan pendampingan pendampingan trauma healing kepada masyarakat Desa Wonorejo dengan menggandeng kalangan akademisi Program Studi Psikologi Islam IAIN Kediri. 

Dengan pendampingan trauma healing ini diharapkan warga dapat kembali normal tanpa bayang-bayang kejadian kerusuhan yang terjadi Kamis (5/1/2023) dini hari. (Wawan)

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Kediri Serahkan Bantuan bagi Warga yang Alami Kerugian Akibat Kerusuhan Ngadiluwih

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT