Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Bupati Malang Apresiasi Baksos Bahan Bangunan Untuk Korban Bencana Alam Hidrometeorologi 

profile
Senopati

03 November 2022 18:41

580 dilihat
Bupati Malang Apresiasi Baksos Bahan Bangunan Untuk Korban Bencana Alam Hidrometeorologi 
Bupati Malang HM Sanusi berfoto bersama para pengusaha swasta dan komunitas peduli bencana usai penyerahan Bakti Sosial  1000 sak semen pada korban bencana alam hidrometeorologi. (SJP)

KABUPATEN MALANG – TNI dan Polri serta pengusaha berkolaborasi, dalam meringankan beban masyarakat korban bencana alam hidrometeorologi yang terjadi di Kabupaten Malang.

Kepedulian tersebut terwujud dengan terlaksananya bakti sosial, berupa bahan bangunan semen sebanyak 1000 sak.

Aksi bakti sosial tersebut disaksikan disaksikan langsung oleh Bupati Malang HM Sanusi di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (3/11/2022).

HM Sanusi menyampaikan terima kasih, kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya Baksos ini.

"Saya mengapresiasi aksi TNI dan Polri serta perusahaan swasta, atas bantuan yang diberikan pada korban bencana alam hidrometeorologi yang terjadi di Kabupaten Malang," ucap dia.

Sanusi menilai, hal ini telah menggambarkan rasa kepedulian dan kebersamaan, sekaligus panggilan hati yang secara emosional telah menarik simpati semua pihak baik Pemerintah maupun swasta.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang menyadari bahwa upaya pengelolaan manajemen kebencanaan, baik terkait mitigasi maupun penanggulangan pasca bencana, membutuhkan keterlibatan aktif seluruh elemen secara bersama-sama.

"Terbukti, jika semua dikerjakan bersama, sehingga bencana alam dapat ditangani dengan optimal dan dampak yang ditimbulkan juga dapat ditekan seminimal mungkin," ungkap bupati.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap, bantuan yang diberikan mampu menumbuhkan semangat bagi masyarakat kita yang sedang tertimpa musibah.

"Aksi ini, sekaligus menularkan spirit kepada semua masyarakat untuk peduli, saling berbagi dan saling membantu sesama,” beber Bupati Malang. 

Selain itu, Sanusi mengungkapkan, bahwa hal ini merupakan bentuk kolaborasi dari semua pihak terutamanya para pengusaha, pejabat, TNI/POLRI untuk bersama-sama meringankan beban para korban bencana di Kabupaten Malang dengan memberikan bantuan berupa bahan bangunan maupun sandang pangan dan lainya.

“Bantuan ini sangat di perlukan, karena para korban yang terkena bencana belum bisa produktif untuk bekerja dan mencari tambahan ekonomi, maupun kebutuhan pokoknya," papar dia.

Masyarakat, masih kata Sanusi, masih trauma, karena suatu ketika banjir masih bisa datang lagi.

"Pemkab Malang masih membuka penyedia bantuan secara umum, yang akan di salurkan kepada yang bersangkutan agar bisa langsung dinikmati atau dipakai oleh para korban,” ungkap mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang itu.

Pemerintah Kabupaten Malang dalam menangani kerusakan bencana yang telah terjadi pada tanggal 17 Oktober silam.

"Untuk kerusakan yang di kategorikan rusak berat anggarannya akan di ajukan ke Pemerintah Provinsi sedangkan rusak yang sangat berat diajukan kepada Menteri PUPR. Dalam bencana ini Paling banyak kerusakan meliputi jalan dan jembatan yang tersebar mulai dari Kecamatan Ampelgading sampai Kalipare," pungkasnya.

Untuk bangunan rumah sendiri hingga saat ini belum ada laporan tetapi tentu saja tetap akan di bantu oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

Selain dihadiri Bupati Malang, turut hadir Forkopimda Plus, Kepala OJK Malang, Forkopimda Kabupaten Malang, beberapa Kepala  Perangkat Daerah Kabupaten Malang dan pengusaha atau pihak swasta. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Malang Apresiasi Baksos Bahan Bangunan Untuk Korban Bencana Alam Hidrometeorologi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT