Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

Campur Tangan Ahmad Basarah di Proyek Revitalisasi Pasar Among Tani

profile
Arkana

17 November 2022 18:18

676 dilihat
Campur Tangan Ahmad Basarah di Proyek Revitalisasi Pasar Among Tani
Progres revitalisasi Pasar Among Tani, Kota Batu. (SJP)

KOTA BATU – Revitalisasi Pasar Among Tani ternyata tak lepas dari campur tangan Ahmad Basarah selaku Wakil Ketua MPR RI.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, langsung dihadapan Basarah pada saat menghadiri serta menyaksikan pagelaran wayang kulit di Balaikota Among Tani, Pada Rabu malam 16 November 2022.

"Perlu diketahui, dibalik suksesnya pembangunan pasar among tani tidak lepas dari bantuan beliau, saya ucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Pak Basarah , semoga menjadi amal ibadah untuk bapak," ujar Dewanti.

Revitalisasi Pasar Among Tani, merupakan progam yang diprogam dalam RPJMD Kota Batu 2017-2022.

Proyek Pretesius juga tertera dalam Perpres nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan di jatim.

Pemerintah Pusat juga mengglontorkan dana sebesar Rp 200 miliar untuk revitalisasi pasar ini, dengan mengusung bangunan gedung hijau.

Proses pelaksanaan sendiri sempat terhenti karena adanya miskomunikasi antara kedua pihak.

Waktu itu antara Pemkot Batu dan Pedagang Pasar masih belum menemukan kesepakatan terkait revitalisasi dan perihal pendataan.

Dengan konsep bangunan yang mengacu Detail Engineering Desingn (DED), mereka khawatir dengan konsep baru tidak dapat menampung para pedagang yang jumlahnya mencapai 3.345 pedang hasil pendataan Diskumdag Kota Batu.

Hingga akhirnya menemukan titik terang antara pedagang dan pemkot batu pada 9 Desember 2020.

Revitalisasi pun dilaksanakan pembongkaran bangunan pada 26 Desember 2021. Lalu Dewanti melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan pada 9 Februari lalu.

Tender dimenangkan PT Sasmito sebagai penyelenggara jasa konstruksi dari surabaya, dengan harga penawaran Rp 151 miliar.

Dengan target penyelesaian 10 bulan, sudah mencapai 63 persen dan akhir tahun sudah mencapai 80 persen. 

Deputi Project Manager PT Sasmito, Joko Suwarno menyampaikan, untuk saat ini pihaknya fokus pada proses finising, juga dilakukan pengurangan alat berat yang awalnya berjumlah 4 unit, saat ini hanya 2 unit yang beroperasi. 

"Saai ini kami sudah fokus pada proses finising, kita targetkan nanti pada akhir tahun revitalisasi pasar among tani sudah masuk 80 persen," jelasnya.

Pihak konstruksi, dikatakan dia, mengerahkan 400 orang pekerja, rencananya juga akan ada penambahan 10 tenaga kerja lagi dibidang khusus perhitungan teknis untuk mempercepat proses pembangunan. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Campur Tangan Ahmad Basarah di Proyek Revitalisasi Pasar Among Tani

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT