Kamis, 06 Oktober 2022
Peristiwa Daerah

Cegah Banjir Bandang, SDA Jember Bersihkan Puluhan Ton Sampah Bambu dan Tanah 2 Kali Setahun

profile
Rochul

13 September 2022 20:59

628 dilihat
Cegah Banjir Bandang, SDA Jember Bersihkan Puluhan Ton Sampah Bambu dan Tanah 2 Kali Setahun
PU Bina Marga Sumber Daya Air Wilayah Kecamatan Kencong Bersama Hippa Serta Masyarakat Saat Bersihkan Ratusan Ton Sampah di DAM Bendungan Krangkengan Kecamatan Kencong. (SJP)

JEMBER – Bina Marga Sumber daya air kecamatan kencong Jember bersama Hippa dan juga masyarakat gelar Glontor Walet DAM bendungan krangkengan di aliran sungai kali tanggul selama 3 hari berturut turut.

Pembersihan sisa sisa sampah dan juga lumpur tersebut baru kali ini pihak SDA melakukan Gelontor walet dalam setahun dilakukan selama 2 kali.

Hal itu dilakukan lantaran kondisi Bendungan mengalami sedimen yang cukup tinggi dan hal itu jika tidak lekas segera dilakukan pembersihan akan berdampak banjir bandang saat hujan mulai turun dan debit sungai meninggi.

Dalam kegiatan tersebut, tenaga yang dikerahkan sebanyak 158 orang untuk membersihkan lumpur atau bambu yang menyangkut di bendungan sungai lebar  15 meter tersebut.

Pihak PU sendiri melakukan kegiatan ini dimulai pada hari senin sampai rabu. Hal itu dikebut dilakukan lantaran kondisi debit air sungai kondisinya sedang surut, dan hal tersebut adalah moment dimana pembersihan ratusan ton sampah bambu dan juga lumpur yang berada di kawasan bendungan.


Karena selain pembersihan tersebut harus dikebut dan dilakukan, karena kondisi aliran sungai ini di tunggu oleh para petani yang secara langsung mengairi aliran sawah di 4 kecamatan yaitu kencong, Jombang, Gumukmas dan juga Puger dengan total lahan tanam 7.230 ribu hektar lahan.

Umar Basyar, kepala PU Bina Marga sumber daya air kecamatan kencong, menjelaskan jika gelontor walet ini dilakukan harus cepat, karena kondisi cuaca terkadang berubah ubah takut hujan tiba tiba turun, dan kondisi saat ini sedimen cukup banyak dan tebal.

"Untuk gelontor walet kita libatkan 158 orang dari unsur sumberdaya air maupun Hippa setempat, dan juga dibantu masyarakat, dan itu dilakukan selama 3 hari, pada senin hingga rabu," Kata Umar Basar, Selasa,(13/9/2022).


Ditanya lebih lanjut, mengapa gelontor walet pembersihan bendungan dilakukan 2 kali dalam setahun, pihaknya menjelaskan karena kondisi kemarin aliran sungai banyak sekali membawa material lumpur yang sangat pekat dari hulu dan ditambah dengan sampah bambu yang jumlahnya bisa puluhan ton.

"kami lakukan 1 tahun ini 2 kali karena kondisi bendungan yang ada di DAM krangkengan banyak timbunan sampah dari bambu, dan Sedimen tanah cukup tinggi dan jika tidak segera di bersihkan akan berdampak tidak baik," imbuhnya. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Cegah Banjir Bandang, SDA Jember Bersihkan Puluhan Ton Sampah Bambu dan Tanah 2 Kali Setahun

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT