Kamis, 30 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Curi Kayu Dikawasan Hutan Pinus, Pria di Jember Tertangkap Tangan

profile
Rochul

06 Juni 2022 19:31

456 dilihat
Curi Kayu Dikawasan Hutan Pinus, Pria di Jember Tertangkap Tangan
Pelaku dan barang bukti saat diamankan Polsek Sempolan polres Jember. (SJP)

JEMBER – Polsek Sempolan, Polres Jember bersama petugas perhutani kembali menggagalkan aksi pencurian kayu lutung dikawasan Hutan Pinus, RPH Garahan kecamatan Silo kab Jember, pada Senin (30/5/2022) kemarin.

AKP Suhartanto SH, selaku Kapolsek sempolan menerangkan, seorang pelaku berinisial SL(42) asal Desa Garahan kecamatan silo berhasil diamankan oleh petugas perhutani.


“Awalnya petugas perhutani mendapat informasi dari masyarakat bahwa di jalan hutan Petak 25, Hutan Pinus, RPH Garahan, sering dilewati oleh orang-orang yang mengangkut kayu yang diduga berasal dari hutan perhutani. Selanjutnya petugas melakukan pengintaian di jalan tersebut ada seseorang yang sedang mengangkut 8 batang kayu bentuk persegi dengan menggunakan sepeda motor,selanjutnya diberhentikan paksa," kata Suhartanto.

Kapolsek juga menjelaskan, saat dilakukan interogasi singkat  Kayu tersebut diangkut dari lahan yang ada di hutan lindung RPH Sumberjati. Pelaku mengakui kayu tersebut dari hutan lindung RPH Sumberjati dan Pengangkutan kayu tersebut tanpa dilengkapi SKSHH.


"Saat di interogasi pelaku mengaku jika menang dia mencuri dikawasan hutan yang dilindungi," ungkap Sutanto.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,"Pelaku bakal disangkakan dengan pasal 37 angka 13 Jo angka 3 UU RI no 11 tahun 2020 tentang cipta kerja  jo pasal 83 ayat (1) huruf b jo pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Curi Kayu Dikawasan Hutan Pinus, Pria di Jember Tertangkap Tangan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT