Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

Dampak Kemarau di Situbondo, Tiga Desa Mulai Krisis Air Bersih

profile
Sarwo

27 Agustus 2022 18:10

656 dilihat
Dampak Kemarau di Situbondo, Tiga Desa Mulai Krisis Air Bersih
Warga Dusun Sokaan, Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh harus rela antri untuk mendapatkan air bersih (SJP).

SITUBONDO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mulai mendistribusikan air bersih (dropping) di beberapa titik lokasi krisis air bersih akibat kemarau. Hal ini dilakukan, untuk memenuhi permintaan warga akibat dampak kekeringan.

Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo Puriyono mengatakan, permintaan droping air bersih pada tahun ini lebih awal dibandingkan dengan tahun sebelumnyal. Karena beberapa desa mulai kekurangan air bersih.

“Jika tahun lalu, permintaan air bersih terjadi pada September, maka tahun ini pada pertengahan Agustus, sudah mulai ada permintaan droping air bersih,” tutur Puriyono, Sabtu (27/08/2022).

Hingga hari ini, lanjut Puriyono, sudah ada tiga desa di tiga kecamatan di wilayah kabupaten Situbondo yang meminta droping air bersih. 

"Pengiriman air bersih sudah kami droping diantaranya, Dusun Bendusa dan Polai, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa dan droping hari ini ke Dusun Sokaan, Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh, droping selanjutnya ke Dusun Jambaran Timur dan Barat, Desa Plampangan, Kecamatan Sumbermalang,"ujarnya.

Puriyono menambahkan, pengiriman air bersih ini dilakukan, berdasarkan dari permintaan pihak desa yang wilayahnya kekurangan air dengan menggunakan satu truk tanki dengan kapasitas 5000 liter air bersih dari PDAM Situbondo.

“Setiap pengiriman, itu sebanyak 5 ribu liter air bersih. Rencananya, ada dua kendaraan yang akan mendistribusikan air bersih secara bergiliran. Tapi, untuk sementara ini masih satu kendaraan,” imbuhnya.

Puriyono mengimbau, kepada seluruh masyarakat Situbondo yang daerahnya membutuhkan air bersih, untuk segera melaporkan ke pemerintah desa yang nantinya akan melaporkan ke BPBD Situbondo untuk dilakukan droping air bersih. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dampak Kemarau di Situbondo, Tiga Desa Mulai Krisis Air Bersih

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT