Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Demi Peningkatan PAD, DPRD Lumajang Dorong Bupati Tertibkan Stockpile Pasir Ilegal

profile
Achmad

25 Oktober 2022 13:58

460 dilihat
Demi Peningkatan PAD, DPRD Lumajang Dorong Bupati Tertibkan Stockpile Pasir Ilegal
Situasi saat rapat dengan pemilik usaha pertambangan pasir. (SJP)

LUMAJANG – Dalam waktu dekat, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) segera menertibkan stockpile pasir ilegal, pihak DPRD Kabupaten Lumajang sangat mendorong langkah tersebut.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang, Hadi Kiswanto, kepada media ini menjelaskan kalau hal itu dilakukan guna untuk memberikan peningkatan PAD dari sisi minerba.

"Sebelumnya akan dikeluarkan Surat Edaran (SE) terkait hal tersebut," kata Hadi kepada media ini, Selasa (25/10/2022).

Menurut penyampaian Bupati Lumajang, penertiban dilakukan mulai Rabu 26 Oktober 2022 besok, dan kata Hadi, pihaknya siap back up sepenuhnya.

"Mulai besok saya mengeluarkan surat edaran dan rabu depan semua stokpile ilegal akan kita tertibkan dan komitmen kami penertibannya yang melanggar hukum akan disanksi, bisa pidana," tegas Bupati Lumajang, saat dimintai keterangan usai rapat koordinasi bersama pemilik tambang, bertempat di Aula Panti PKK Lumajang, Selasa 18 Oktober 2022 seminggu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq juga menerangkan, bahwa dalam beberapa kali sidak pertambangan pasir, pemilik stokpile berdalih telah memiliki kerja sama dengan pemilik izin tambang legal.

Namun ternyata, dalam rapat tersebut pemilik tambang mengungkapkan, jika mereka dirugikan oleh pemilik stokpile yang tidak sesuai dengan kerjasama.

"Stokpile yang sekarang itu begitu kita konfirmasi alasannya sudah bekerjasama dengan pemilik izin tambang, tapi ternyata ditemukan ada sebagian yang tidak ada kerja samanya, begitu dikonfirmasi ternyata stokpile-stokpile itu yang merusak mekanisme pertambangan, termasuk membeli pasir dari pertambangan yang tidak ada SKABnya atau ilegal," terangnya.

Sementara, mengenai banyaknya jalan yang rusak akibat tonase muatan pasir yang berlebih dan tidak sesuai kelas jalan, bupati meminta agar pemilik tambang kembali menggunakan jalan khusus tambang pasir.

Dirinya bahkan telah memerintahkan BPRD dan DPUTR Kabupaten Lumajang untuk membahas secara teknis terkait jalan tambang tersebut bersama pemilik tambang maupun paguyuban sopir truk.

"Karena memang jalannya resiko berat begitu ada banjir lahar dingin jalannya harus diperbaiki lagi, berulang kali banjir jalan hilang diperbaiki lagi, tadi beberapa solusinya adalah melewati jalan yang lebih aman dari jalan sebelumnya," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Demi Peningkatan PAD, DPRD Lumajang Dorong Bupati Tertibkan Stockpile Pasir Ilegal

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT