Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

HUT RI Ke 77, 5 Warga Binaan Klas IIB Lumajang Bebas

profile
Achmad

17 Agustus 2022 19:05

473 dilihat
HUT RI Ke 77, 5 Warga Binaan Klas IIB Lumajang Bebas
Lapas Klas IIB Lumajang Berikan remisi bebas kepada 5 warga binaannya. (SJP)

LUMAJANG - Sejumlah warga binaan di Lapas Klas IIB Lumajang mendapatkan remisi memperingati HUT RI Ke 77, dan 5 warga binaan dinyatakan bebas.

Hal ini disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, saat acara penyerahan remisi khusus umum di tahun 2022 ini, Rabu (17/8/2022) siang tadi.

"Jika tidak ada halangan semua warga binaan akan mendapatkan remisi di tahun ini, di hari kemerdekaan ini, dan itu sudah rutin diberikan kepada mereka," kata Bupati kepada sejumlah awak media.

Kata Thoriq, remisi yang diberikan kepada 5 warga binaan yang bebas itu, sudah sesuai dengan persyaratan. 

"Saya juga mengapresiasi adanya pesantren At Taubah, yang ada di Lapas ini, untuk membina warga binaannya menjadi lebih baik," ungkapnya.

Dikatakan oleh politisi PKB ini, pihak Lapas Klas IIB Lumajang berharap adanya pembangunan musholah atau masjid guna memperluas jangkauan pesantren At Taubah ini.

"Semoga inovasi pesantren At Taubah ini dapat berkembang dengan adanya masjid dengan menampung semua warga binaan, selama ini masih musholah kecil dengan sedikit warga binaan saja," jelas pria asal Kecamatan Kunir ini.

Terkait dengan overload warga binaan di Lapas Klas IIB Lumajang ini, Cak Thoriq juga menyampaikan kalau kasusnya tidak hanya di Kabupaten Lumajang.

"Kalau kelebihan isi itu berlaku sama di setiap kota, namun demikian tetap pada langkah dan pengaturan yang memungkinkan kapasitas lapas untuk warga binaan dan tetap manusiawi," paparnya lagi.

Sementara itu, menurut Kasi Trantib Lapas Klas IIB Lumajang, Faudi Anwar Suharto, menerangkan kalau usulan remisi umum diusulkan sebanyak 510 warga binaan.

Dijelaskan Faudi Anwar, ada usulan remisi 1 bulan untuk 73 orang warga binaan, remisi 2 bulan untuk 171 orang warga binaan, remisi 3 bulan untuk 173 orang warga binaan, remisi 4 bulan untuk 57 orang warga binaan, remisi 5 bulan untuk 35 orang warga binaan dan remisi 6 bulan untuk 1 orang warga binaan.

"Total ada 510 orang warga binaan untuk remisi umum I sebanyak 505 orang warga binaan dan 5 orang warga binaan mendapat remisi umum II, artinya langsung bebas pada 17 Agustus 2022," jawabnya singkat. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

HUT RI Ke 77, 5 Warga Binaan Klas IIB Lumajang Bebas

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT