Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Dikira Biawak, Warga Tangkap Buaya Berukuran 1,2 Meter di Kota Mojokerto

profile
Andy

21 Oktober 2022 21:28

698 dilihat
Dikira Biawak, Warga Tangkap Buaya Berukuran 1,2 Meter di Kota Mojokerto
Petugas Damkar Kota Mojokerto saat mengamankan buaya yang ditemukan oleh warga. (SJP)

MOJOKERTO - Dikira biawak, warga lingkungan Sumolepen Gang Sawah, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya di selokan.

Buaya muda berukuran panjang sekitar 1,20 meter tersebut pertama kali terlihat berada di tepi selokan air saat hujan turun. Warga pun beramai-ramai memburu reptil itu hinga akhirnya berhasil menangkapnya.

Musrifin (60) menyampaikan, saat itu ia bersama warga setempat berjalan pulang melihat sesosok reptil di atas tepi selokan saat hujan, pada Selasa sore 18 Oktober 2022 selumbari.

Mulanya dia kegirangan lantaran mengira reptil itu adalah biawak. Namun setelah didekati bahkan hendak ditangkap ternyata hewan itu buaya.

"Tak kira itu Nyambek (Biawak) makan katak di tepi selokan saya teriak-teriak memanggil teman-teman saat akan ditangkap lha kok terlihat moncong ternyata itu buaya," jelasnya sembari menujukan ke arah selokan, Jumat (21/10/2022).

Tiba-tiba buaya itu lompat ke saluran air dan menghilang di derasnya arus selokan. Warga akhirnya memutuskan untuk memburu buaya mulai pukul 19.00 WIB hingga akhirnya berhasil menangkapnya sekitar pukul 23.00 WIB.

"Buaya terlihat muncul di aliran selokan langsung ditangkap sama warga kondisinya saat itu gerimis," ucap Musrifin.

Menurut dia, warga di lingkungannya tidak ada yang memeliharanya buaya. Kemungkinan, buaya liar ini terbawa arus sungai saat hujan deras hingga ke selokan

"Buaya liar mungkin dari aliran sungai arah barat ke selokan ini kita tidak tahu asalnya darimana karena warga sini juga tidak ada yang pelihara buaya," bebernya.

Warga yang takut dengan keberadaan buaya ini akhirnya melapor ke petugas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kota Mojokerto.

Saat ini petugas Damkar melakukan evakuasi buaya yang kini diamankan warga di dalam akuarium.

"Warga takut ada buaya karena bahaya banyak anak kecil yang main di sekitar selokan sini," tandasnya.

Buaya yang Ditemukan Warga Diamankan oleh BKSDA

Pengendali Ekosistem Hutan/Ka RKW 09 Mojokerto BKSDA Jatim, Fajar Dwi Nur Aji mengatakan pihaknya mendapat laporan dari petugas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kota Mojokerto terkait evakuasi buaya. Buaya liar ini diserahkan ke Balai Besar KSDA untuk di rescue.

Sebelumnya, warga menangkap buaya muara di selokan Lingkungan Sumolepen Gang Sawah, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari.

"Satwa sudah diamankan oleh rekan-rekan Pol PP selanjutnya kami amankan untuk kita bawa ke kandang transit Balai Besar KSDA Jawa Timur di Juanda," tuturnya, Jumat (21/10/2022).

Iaa menjelaskan pihaknya belum dapat memastikan terkait jenis kelamin dari buaya muda berukuran panjang sekitar 1,2 meter tersebut.

"Saya masih minta dokumentasi buaya yang lebih jelas untuk identifikasi jenis buaya muara untuk kepastian jenis kelamin nanti akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Fajar.

Saat ini buaya diamankan di rumah petugas BBKSDA di Dusun Mejero, Desa Jumeneng, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

"Masih saya transit (Buaya) di rumah menunggu nanti dibawa ke Kantor Balai Besar KSDA," jelasnya.

Kesaksian warga tangkap buaya

Seorang warga setempat, M Purwanto (32) mengatakan ia bersama warga memburu buaya yang terlihat di selokan saat hujan, pada Selasa (18/10) sore.

Warga beramai-ramai memburu buaya mulai pukul 19.00 WIB dan berhasil menangkapnya sekitar pukul 23.00 WIB.

Dia menangkap buaya dengan tangan kosong.

"Waktu ditangkap ya tidak ngamuk saya menangkapnya dengan tangan kosong," ungkapnya.

Menurut dia, buaya liar ini berasal dari sungai yang terbawa saat hujan deras hingga ke selokan.


"Kondisinya hujan kemungkinan buaya itu hanyut setelah ditangkap saya amankan di rumah selama tiga hari ini," ujarnya.

Ia menambahkan buaya muara ini sering menampakkan diri di selokan dan terlihat anak-anak sekitar satu pekan lalu. Awalnya mereka mengira reptil ini adalah biawak bukan buaya.

"Ya dikira biawak ternyata buaya sekarang sudah dievakuasi oleh petugas Damkar Satpol PP Kota Mojokerto," pungkasnya. (**)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dikira Biawak, Warga Tangkap Buaya Berukuran 1,2 Meter di Kota Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT