Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

Disemprit Polisi, Truk Penambang Pasir di Situs Mellek Situbondo Gigit Jari

profile
Sarwo

08 September 2022 17:40

782 dilihat
Disemprit Polisi, Truk Penambang Pasir di Situs Mellek Situbondo Gigit Jari
Disemprit Polisi, tanpa muatan truk pengangkut pasir putar balik dari lokasi situs Mellek (SJP)

SITUBONDO - Pihak penambang pasir yang mengoperasikan 2 truk pengangkut pasir di lokasi yang berpotensi cagar budaya di Situs Mellek, Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Kamis (8/9/2022) pagi terpaksa harus gigit jari.

Pasalnya, aktivitas mereka tercium TCB-YMBS (Yayasan Museum Balumbung Situbondo) yang langsung mengontak pihak Polsek Banyuputih dan Balik kanan setelah disemprit Kapolsek.

"Tim kami di lapangan mendapatkan bukti aktivitas para penambang pasir pagi ini, lalu kami menyampaikan informasi ke Polsek Banyuputih," kata Irwan Kurniadi, Ketua TCB-YMBS (Tim Cagar Budaya Yayasan Museum Balumbung Situbondo). 

Tak berapa lama, setelah pihaknya mengontak, Kapolsek dengan tegas memerintahkan penambang dan dua truk untuk tidak melanjutkan aktivitas di lokasi itu lagi.

"Selain itu, kami menyarankan kepada penambang tersebut, agar menunggu koordinasi lebih lanjut sembari menyelesaikan prosedur yang semestinya dilakukan dalam aktivitas tambang pasir itu," ungkapnnya.

Irwan juga menjelaskan, objek tempat dia menambang bukanlah objek biasa. Ada potensi kecagarbudayaan di sana.

"Jika penambang mengabaikan itu, kami tentu akan mengambil langkah yang lebih tegas lagi untuk memaksimalkan agar tidak ada keterancaman terhadap situs Cagar Budaya di sana," jelas Irwan.

Sementara itu Kapolsek Banyuputih AKP Heru Purwanto membenarkan, setelah menerima laporan, pihaknya langsung melarang penambang pasir, agar tidak melanjutkan aktivitasnya, sembari menunggu koordinasi lebih lanjut. Dilokasi ditemukan artefak tersebut, juga telah dilakukan pengamanan dengan memasang police line.

Podorukun
"Dengan tegas saya memerintahkan kepada pihak penambang untuk tidak melanjutkan aktivitasnya sambil menunggu koordinasi lebih lanjut. Pasca imbauan tersebut, pihak penambang langsung menghentikan aktifitasnya dan kendaraan truk langsung putar balik," tegas AKP Heru Purwanto. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Disemprit Polisi, Truk Penambang Pasir di Situs Mellek Situbondo Gigit Jari

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT