Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

Ditarargetkan Rp 1,8 Miliar, Pajak Reklame di Kota Batu Diduga Mengalami Kebocoran

profile
Arkana

08 November 2022 13:43

612 dilihat
Ditarargetkan Rp 1,8 Miliar, Pajak Reklame di Kota Batu Diduga Mengalami Kebocoran
Satpol PP Kota Batu melakukan penertiban reklame. (SJP)

KOTA BATU – Sebagai penyumbang asli pendapatan daerah, pajak reklame diduga mengalami kebocoran pendapatan.

Masih banyak pemasangan reklame ilegal yang terpasang di pinggir ruas jalan. Target sebesar Rp1,8 miliar pada tahun 2022, realisasinya mencapai 70 persen dari target tersebut.

Menyikapi itu, Satpol PP Kota Batu menertibkan ratusan reklame ilegal disepanjang Jalan Patimura hingga Jalan Dewi Sartika.

Penertiban reklame liar ini dilakukan 230 personel gabungan yang melibatkan Satpol PP,  Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Badan Pendapatan (Bapenda).

Operasi gabungan ini petugas mencopot sebanyak 213 reklame liar. Beberapa reklame yang dicopot merupakan jenis reklame promosi produk juga atribut parpol banyak terpasang menjelang pemilu 2024 mendatang. Kemarin Senin (7 November 2022)

Kepala Satpol PP Kota Batu, Bambang Kuncoro, setelah dilakukan penertiban, pihaknya akan berkoordinasi dengan DPMPTSP juga Bapenda untuk melakukan Pemanggilan kepada pihak terkait pemasangan reklame ilegal tanpa ada izin,  yang pastinya merugikan pajak daerah.

"Penertiban reklame liar karena tidak ada izin, selain itu pemasangan juga tidak pada tempat yang tidak diperuntukkan,  seprti dipasang di pohon," ungkapnya 

Ia Menambahkan, penertiban reklame ini akan dilakukan berkelanjutan. Menyisir di setiap ruas jalanan Kota Batu, Penyelenggaran reklame sudah diatur dalam Perda Kota Batu 17 tahun 2022 tentang pedoman dan tata cara penyelenggaraan reklame. 

"Tidak cukup waktu satu hari untuk penertiban ini, maka dari itu kami akan melakukan rutin, selain itu pihak kami akan melakukanpemanggilan kepada oknum pesang liar, jika masih bandel akan kami tindak tipiring " tutupnya. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ditarargetkan Rp 1,8 Miliar, Pajak Reklame di Kota Batu Diduga Mengalami Kebocoran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT