Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Diterjang Ombak dan Angin Kencang, Perahu Nelayan Situbondo Karam

profile
Sarwo

30 Desember 2022 13:02

944 dilihat
Diterjang Ombak dan Angin Kencang, Perahu Nelayan Situbondo Karam
Kondisi perahu nelayan Mimbo Situbondo yang karam akibat dihantam ombak tinggi (SJP/Sarwo)

KABUPATEN SITUBONDO – Satu perahu milik nelayan di pesisir pantai Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, karam.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis 29 Desember 2022, pukul 13.30 WiB itu, saat wilayah tersebut diterjang hujan deras disertai angin kencang dan ombak tinggi.

Terjangan ombak disetai angin kencang dan hujan itu, mengakibatkan tali pemancang ke jangkar perahu yang terparkir di pesisir pantai itu, putus dan terlepas. 

Setelah menerima laporan dari nelayan setempat, anggota TNI AL Pos Kamla Jangkar, Situbondo, Kopka Supardi langsung mendatangi lokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, karena cuaca buruk dan para nelayan sedang tidak melaut. Namun satu perahu motor berukuran sedang milik nelayan setempat karam bersama barang yang ada didalamnya 

"Selain perahu, jaring, dua mesin perahu dan berbagai alat pendukung penangkap ikan lainya juga ikut tenggelam,"tutur Kopka Supardi, anggota TNI AL Pos Kamla Jangkar, Jumat (30/12/2022) pagi.

Kopka Supardi juga mengatakan, perahu nahas itu karam karena dihantam ombak besar yang disertai angin kencang saat terpakir di pantai tersebut.

“Saat dihantam ombak besar, kapal itu terombang ambing, miring dan tali pemancang jangkar dari perahu tersebut putus. Kemudian perahu kemasukan air, sehingga semua badan perahu karam,” katanya.

Lebih lanjut, Kopka Supardi, menjelaskan, perahu motor yang diketahui milik Suliman (44) warga Dusun Bindung, Desa Sumberanyar itu, dibantu nelayan setempat mengevakuasi perahu ke pinggir pantai.

"Pemilik perahu dibantu nelayan mengevakuasi satu persatu, seperti, dua mesin perahu, jaring dan barang barang yang berada diatas perahu ke daratan pantai tersebut,"tuturnya.

Kopka Supardi menambahkan, setelah barang barang diatas perahu berhasil diangkat dan dibawa kedaratan, selanjutnya secara bergotong royong, pemilik perahu dibantu nelayan setempat mengevakuasi badan kapal yang tenggelam ke pinggir pantai.

"Sekitar pukul 16.30 WIB, perahu bersama barang barang yang berada diatas perahu yang ikut tenggelam berhasil dievakuasi ke pinggir pantai. Kerugian akibat peristiwa ini, masih dilakukan pendataan,"pungkasnya. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Diterjang Ombak dan Angin Kencang, Perahu Nelayan Situbondo Karam

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT