Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

Ditinggal Mencari Rumput, Rumah Warga Situbondo Ludes Terbakar hingga Rata Tanah

profile
Sarwo

07 Agustus 2022 19:16

1.2k dilihat
Ditinggal Mencari Rumput, Rumah Warga Situbondo Ludes Terbakar hingga Rata Tanah
Kondisi rumah M Aryadana (56) ludes terbakar hingga rata tanah (Sarwo/SJP)

SITUBONDO - Ditinggal mencari rumput, sebuah rumah semi permanen milik pria yang hidup sebatangkara di Kampung Barat, Desa/Kecamatan Asembagus, Situbondo, ludes terbakar hingga rata dengan tanah.

Terbakarnya rumah milik seorang pria yang hidup sendirian bernama M Aryadana (56) ini, saat ditinggal mencari rumput untuk hewan ternak kambing peliharaannya. 

Dirinya mengetahui rumahnya terbakar, sekitar pukul 07.00 WIB sepulang mencari rumput. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab terbakarnya rumah beserta isinya hingga rata dengan tanah ini.

Kobaran api pertama kali diketahui oleh Ibu Pupah (60) tetangganya yang mengalami sakit stroke. Pupah kemudian berteriak dengan memberi bahasa isyarat kepada warga sekitar.

"Dari petunjuk Pupah, warga sekitar yang mengetahui adanya kebakaran tersebut, segera membantu memadamkan api dengan alat seadanya secara gotong royong,"tutur H Nasirrudin tetangga korban, Minggu (7/8/2022).

Besarnya api, dengan cepat membakar rumah berukuran 7 x 10 meter bersama seluruh barang barang milik korban yang berada didalamnya ikut hangus rata dengan tanah.

"Setelah menerima informasi, satu unit mobil pemadam kebakaran yang disiagakan di Kecamatan Asembagus tiba dilokasi. Namun sayang, saat petugas tiba, rumah sudah ludes terbakar. Meski demikian, petugas masih sempat memadamkan beberapa bagian rumah yang masih ada terbakar dan mengeluarkan asap yang mengepul. Selang beberapa menit kemudian, api akhirnya bisa padam,"ujar H Nasirrudin.

Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo membenarkan terbakarnya salah satu rumah warga. Setelah menerima laporan tim gabungan yang terdiri dari angota BPBD bersama anggota Polsek, Koramil, perangkat Desa Asembagus, Satpol PP dan petugas Damkar langsung mendatangi lokasi kejadian.

"Selain berupaya membantu warga memadamkan api, petugas juga melakukan penyelidikan dan pendataan akibat terbakarnya rumah milik warga tersebut,"ucap Puriyono.

Dari hasil penyelidikan dan pendataan, sambung Puriyono, diketahui rumah tersebut tanpa aliran listrik dan tanpa kompor gas, karena sehari hari korban masih memakai lampu minyak dan tungku untuk memasak.

"Dari pengakuan korban, saat ditinggal pergi mencari rumput, lampu dan tungku dapur dalam kondisi mati (tidak ada aktifitas). Penyebab pasti terbakarnya rumah semi permanen tersebut, masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, meski demikian kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,"tukasnya. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ditinggal Mencari Rumput, Rumah Warga Situbondo Ludes Terbakar hingga Rata Tanah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT