Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Masa Jabatan Walikota Akan Berakhir, DPRD Kota Batu Persiapkan 3 Nama Calon Pj

profile
Arkana

11 November 2022 12:17

492 dilihat
Masa Jabatan Walikota Akan Berakhir, DPRD Kota Batu Persiapkan 3 Nama Calon Pj
Pimpinan DPRD Kota Batu

KOTA BATU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu akan mengumumkan 3 usulan nama Penjabat (Pj) Wali Kota Batu pada pertengahan November 2022. Yang akan ditentukan Kemendagri untuk menggantikan Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso. 

Selama dua tahun kedepan, Pj akan memimpin Kota Batu, Ada tiga lembaga yang diberi kewenangan untuk mengusulkan Pj Wali Kota Batu, yaitu DPRD Kota Batu, Gubernur dan Kemendagri sekaligus menentukan penunjukan Pj kepala daerah.

Kriteria Pj kepala daerah merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan pangkat eselon II. Dilingkungan Pemkot Batu terdapat 30 pegawai eselon II atau setingkat kepala OPD.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi menuturkan, Legislatif mulai menggodok nama nama yang akan diajukan menjadi Pj Wali Kota Batu, ada tujuh fraksi terdapat dikursi DPRD, setiap fraksi diberi batas tiga usulan nama, setelah itu setiap nama yang diajukan akan dilakukan sistem pemeringkatan.

"Setelah melakukan pemeringkatan, kami akan mengerucutkan tiga nama teratas, lalu akan kami setorkan nama nama tersebut pada Kemendagri," jelasnya

Asmadi juga memaparkan, pihaknya akan menyampaikan usulan tiga nama Pj Wali Kota Batu paling lambat tanggal 15 November 2022. Penetapan final tiga nama calon dari DPRD Kota Batu akan disampaikan saat sidang paripurna pada tanggal 17 November 2022.

"Selain 3 nama dari DPRD, masih ada usulan 3 nama dari Pemprov dan juga dari Kemendagri, total nama-nama usulan berjumlah 9 nama, akan dibawa ke Tim Penilai Akhir (TPA)," ungkapnya

Pimpinan DPRD memberi kewenangan kepada setiap fraksi mencalonkan 3 nama mengacu pada Surat Mentri Dalam Negri tanggal 31 Oktober 2022 Nomor.131.35/7196/S. Asmadi juga menjelaskan tidak ada juknis dari pusat terkait pemilihan Pj Wali Kota Batu ini.

Harapan Asmadi, nantinya siapa saja yang ditunjuk, supaya tetap menjalankan juga mengoptimalkan apa yang sudah pemerintah kota lakukan. Tentunya upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.  (Syaiful Islam)

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Masa Jabatan Walikota Akan Berakhir, DPRD Kota Batu Persiapkan 3 Nama Calon Pj

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT