Sabtu, 21 Mei 2022
Peristiwa Daerah

DPRD Lumajang Nilai Aturan Lingkungan Hidup, Perlu Dievaluasi

profile
Achmad

29 April 2022 10:56

475 dilihat
DPRD Lumajang Nilai Aturan Lingkungan Hidup, Perlu Dievaluasi
DPRD Lumajang berpandangan aturan Lingkungan Hidup perlu dievaluasi. (Fuad/SJP)

LUMAJANG - Sesuai ketentuan peraturan  perundang-undangan yang berlaku, khususnya aturan terkait lingkungan hidup.  Setiap kegiatan pembangunan yang berimplikasi bagi kepentingan masyarakat dan lingkungan wajib, menurut DPRD Kabupaten Lumajang harus memiliki dokumen lingkungan hidup.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Bukasan, mengatakan saat ditanyai awak media ini mengatakan kalau masih banyak kegiatan pembangunan bahkan yang dilaksanakan oleh pemerintah sendiri yang mempengaruhi nilai kualitas udara dan air.

"Ya seperti pada industri makanan dan minuman, bahan bangunan, perhiasan, logam, perkebunan, permukiman, pertambangan, pertanian, 
peternakan, industri pariwisata, jumlah kendaraan, limbah padat sarana transportasi, beban limbah cair dan limbah B3 dari sarana penginapan 
serta rumah sakit," kata Bukasan kepada media ini, Jumat (29/4/2022) via chat WhatsApp.

Dikatakan politisi PDIP ini, kalau Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2006 masih tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, DPRD Kabupaten Lumajang, menurut Bukasan, memberikan rekomendasi Pemkab Lumajang untuk melakukan pemantauan atas berlakunya Perda tersebut.

"Perda dan regulasi lain yang sudah berlaku lebih dari dua tahun, ini wajib untuk dievaluasi keberlakuannya. Masih banyaknya persoalan sampah di masyarakat," bebernya lagi.

Jika tidak dilaksanakan, maka DPRD Kabupaten  Lumajang akan mengambil inisiatif untuk melakukan kajian pemantauan terhadap Perda terkait, sebagaimana diamanatkan Pasal 21 Peraturan Pemerintah Nomor 12/2018 tentang Tatib DPRD.

"Jika ditemukan ada persoalan dan Pemkab tidak menjalankan, DPRD dapat membentuk Panitia Khusus mengingat pentingnya persoalan pengelolaan sampah di Lumajang," ungkapnya lagi.

Sayangnya, lagi-lagi Kepala DLH Kabupaten Lumajang, Hertutik, tidak menjawab apa yang ditanyakan media ini seputar catatan strategis DPRD Kabupaten Lumajang. (Fuad)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Lumajang Nilai Aturan Lingkungan Hidup, Perlu Dievaluasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT