Rabu, 17 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

DPRD Lumajang Minta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Laksanakan Program dan Kegiatan Nyata Tepat Sasaran

profile
Achmad

01 Juli 2022 19:22

524 dilihat
DPRD Lumajang Minta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Laksanakan Program dan Kegiatan Nyata Tepat Sasaran
Bukasan saat ditemui awak media. (SJP)

LUMAJANG - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, diminta melaksanakan sejumlah program dan kegiatan nyata oleh DPRD Kabupaten Lumajang, agar penggunaan anggaran tepat sasaran.

Program yang diminta menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Bukasan, diharapkan yang banyak berdampak langsung kepada masyarakat.

Selain program, kata Bukasan, kegiatan pendampingan dan pelatihan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang juga harus terus dilakukan.

Sehingga, menurut dia, tidak hanya sekedar memberi bantuan tanpa pendampingan yang berkelanjutan sampai dengan kepastian kelompok binaan bisa mandiri dalam pengelolaan hasil bantuan dari pemerintah.

"Status tanah Lumbung Pangan harus diperhatikan inventaris asetnya, karena kebanyakan tanah dari hibah pemerintah ke Gapoktan, beberapa ada yang berstatus Tanah Kas Desa. Agar dikemudian hari tidak terjadi permasalahan," beber politisi PDIP ini, via chat WhatsApp nya.

Lumbung Pangan yang tidak maksimal, menurutnya, harus diperhatikan karena ada beberapa daerah yang hasil bumi banyak yang menghasilkan tebu dan kayu, sehingga dikhawatirkan nantinya ada alih fungsi dari Lumbung Pangan tersebut.

"Kelompok Lumbung Pangan yang berproduksi diharapkan jadi pemasok beras untuk masyarakat miskin, sebab bantuan untuk Keluarga Rentan tidak muncul di Tahun 2021, padahal saat itu pandemi sedang berada di titik tertinggi," ungkap wakil rakyat dari Kecamatan Padang ini.

Seharusnya, ditegaskan Bukasan, sebelum mengajukan belanja yang bersumber dari DAK untuk diarahkan pada belanja yang langsung menyentuh masyarakat miskin, perlu ada kajian terlebih dahulu.

Seperti pada Tahun 2021, kata Bukasan, ada 3 RMU (Selep Kecil) di Desa Sari Kemuning Kecamatan Senduro, Desa Krai Kecamatan Yosowilangun dan Desa Madurejo Kecamatan Pasirian, tidak optimal. Dan penerima RMU hampir 90 persen beroperasi untuk bangunan lumbung beroperasi sekitar 70 persen saja.

"Namun begitu, di Kabupaten Lumajang tidak ada desa yang zona merah atas kerawanan pangan," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Lumajang Minta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Laksanakan Program dan Kegiatan Nyata Tepat Sasaran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT