Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

Dukun Pesugihan Uang Ghaib di Tangkap Polisi Jember, Korban Terperdaya Puluhan Juta

profile
Rochul

06 Juli 2022 15:37

504 dilihat
Dukun Pesugihan Uang Ghaib di Tangkap Polisi Jember, Korban Terperdaya Puluhan Juta
Pelaku dan barang bukti alat pesugihan dukun saat di amankan Mapolsek Semboro. (SJP)

JEMBER – MS (57) pria kelahiran Kabupaten Lumajang akhirnya tidak bisa berkutik setelah Unit reserse kriminal mapolsek Semboro, polres Jember mengamankan pria yang bertempat tinggal di Dusun Beteng, Desa Sidomekar, kecamatan semboro pada Rabu,(6/2/2022).

Dari rumah terduga tersangka yang berfrofesi sebagai dukun pengganda uang tersebut, polisi mengamankan beberapa alat bukti dari korban yaitu berupa tempat biskuit kosong dan juga dupa dan beberapa ubo rampe berupa gula, tulisan lafadz, serta jimat.

Semua barang bukti adalah sarana sang dukun untuk mengelabui korban bernama Nanang Santoso,(42) asal kecamatan Tandes kabupaten Surabaya.

Modus operandi pelaku yang mengaku sebagai dukun pengganda uang atau uang Ghaib tersebut menurut Nanang Santoso,(korban), jika dirinya sebagai peminta uang ghaib harus menyiapkan mahar atau Ubo rampe berupa burung gagak hitam dan beberapa hal yang sakral.

Lalu sama dukun tersebut uang 3 lembar seratus ribuan dimasukan dalam kaleng biskuit dan lalu disuruh bawa pulang, namun uang tersebut tidak bisa langsung digunakan, melainkan harus di bakar dupa sehari sebelum uang dipakai.

"Jadi uang tersebut ditaruh dalam kaleng biskuit 3 lembar, dan pesan dukun agar sebelum digunakan harus di bakar dupa, setelah itu uang saya belikan di toko 2 lembar dan uang tidak kembali ke kaleng, lalu saya baru sadar jika saya terperdaya dan di tipu," kata Nanang Santoso.


Ditanya lebih lanjut, Nanang Santoso sang korban dukun Pesugihan tersebut ia mengaku jika ia dikenalkan oleh seseorang asal Jember, lalu dirinya mengaku jika seperti orang linglung dan menurut saja ketika disuruh mentransfer uang atas dasar tipu daya para pelaku tersebut.

"Saya dikenalkan seseorang kepada Abah ini pak, dan saya sudah transfer 5 kali dengan total 26 juta lebih, kata dukun ini buat beli burung gagak dan keperluan lain demi agar uang ghaib cepat di proses dan segera bisa dipergunakan," aku korban.

Karena kejadian itu saya seperti terhipnotis dan baru sadar saya jadi korban lalu saya laporkan hal ini kepada Polsek semboro karena dukun ini bertempat di kecamatan semboro.


Menyikapi kasus penipuan dan pengelapan bermodus dukun pengganda uang Ghaib ini, Kanit Reskrim Mapolsek Semboro Bripka Anton Wijaya SH menyampaikan jika pihaknya melangkah atas landasan laporan korban.

"Kami tangkap yang bersangkutan dan memang benar ini dukun palsu dan pelaku juga bukan orang asli Semboro namun orang Lumajang dan beralamat berpindah pindah dan mengaku Surabaya juga, jadi kasus ini sudah kita tanggani dan kami sekarang memburu jaringan pelaku ini yang sudah kita kantongi namanya," kata Kanit Reskrim.

Lebih lanjut, Kanit Reskrim mengatakan jika korban sementara ini satu orang, dan ini tidak menutup kemungkinan jika banyak korban lain.

"Kami kembangkan, dan tidak menutup kemungkinan banyak korban lain, dan untuk modus pelaku ini yaitu memasang orang mencari korban lalu di arahkan ke pelaku utama yaitu Abah Shodiq yang sudah kita tangkap ini, dan barang bukti kita amankan kaleng biskuit dan beberapa ubo rampe dari rumah tersangka yang berada di kecamatan Semboro," terangnya.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dukun Pesugihan Uang Ghaib di Tangkap Polisi Jember, Korban Terperdaya Puluhan Juta

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT