Selasa, 28 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Wow Tumpukan Uang Rp 3.7 Miliar Ditemukan Saat Dipindahkan di Exit Tol Mojokerto

profile
Andy

21 April 2022 21:05

260 dilihat
Wow Tumpukan Uang Rp 3.7 Miliar Ditemukan Saat Dipindahkan di Exit Tol Mojokerto
Tumpukan yang sebesar Rp 3,7 Miliar (Dokumen Polres Mojokerto Kota)

MOJOKERTO - Fantastis, tumpukan uang sebesar Rp 3,7 Milar ditemukan saat dipindahkan di Jalan Raya Desa Pagerluyung, Gedeg, Mojokerto, tepatnya di dekat Exit Tol Mobar pada Kamis (7/4/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto menyampaikan, berawal dari kecuirgaan petugas melihat gelagat sejumlah orang yang membawa plastik putih di dekat mobil tersebut. Setelah diperiksa, polisi menemukan tumpukan uang yang awalnya dikira uang palsu.

"Maka kami bersama JE (29) melakukan pengecekan ke Bank Indonesia (BI) Surabaya, ternyata uang itu asli, bahkan kondisinya baru dicetak, dan masih ada label dari BI," jelas AKP Rizki Santoso.

Lebih lanjut AKP Rizki menyampaikan, enam orang yang ikut membawa mobil berisi uang tersebut akhirnya diamankan. Lima orang diantaranya merupakan warga Sidoarjo, sedangkan seorang lainnya berasal dari luar Jawa Timur.

"JE (29) selaku pemiliknya bersama lima orang lainnya, statusnya masih saksi, kami masih menyelidiki dan meminta keterangan dari mereka. Uang tersebut awalnya diambil dalam jumlah Rp 5 miliar. Keseluruhan uang tersebut diambil dari bank daerah di Bandung, kemudian dikirimkan melalui jasa kurir ekspedisi," sambung Rizki.

Menurur Rizki, berdasarkan pengakuan JE, ia dan pengirim uang tersebut melakukan transaksi di Batang, Jawa Tengah. Kemudian, JE mengedarkan uang tersebut sekitar Rp 1,27 miliar ke wilayah Jombang dan Nganjuk, masing-masing beredar senilai Rp 750 juta dan Rp 520 juta menggunakan mobil GranMax.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota saat diwawancarai awak media

"Tak hanya GranMax milik JE yang kami amankan, namun juga mobil pajero milik MS, warga yang ikut diamankan, bersama uang yang saat ini berjumlah Rp 3,7 Miliar. Kami masih melakukan penyidikan untuk membuktikan apakah uang tersebut dikeluarkan dari bank secara ilegal. Kepolisian juga menegaskan bahwa pihak yang terlibat dapat dipidanakan jika terbukti," tegasnya.

"Jika terbukti bersalah, akan dikenakan pasal 49 ayat 1 dan 2 Undang-undang Perbankan. Ancaman pidana paling sedikit 3 tahun paling lama 15 tahun," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Wow Tumpukan Uang Rp 3.7 Miliar Ditemukan Saat Dipindahkan di Exit Tol Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT