Rabu, 17 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

Gelar Bersih Dusun, Ini Yang Dilakukan Masyarakat Sengkaling

profile
Syahrul

30 Juli 2022 15:51

679 dilihat
Gelar Bersih Dusun, Ini Yang Dilakukan Masyarakat Sengkaling
Jajaran muspika Desa Mulyoagung turut hadir di acara bersih dusun Sengkaling

KABUPATEN MALANG - Masyarakat Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, kembali mengelar kegiatan bersih Dusun yang bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H.

Kegiatan bersih Dusun sendiri berlangsung selama tujuh hari. Dimulai dari hari Minggu (24/07) hingga Sabtu (30/07), dengan mengusung tema SENGKALING BERSATU AGAWE HEBAT.

Dijelaskan Kepala Dusun (Kasun) Sengkaling, Adi Setiawan, selamatan atau bersih Dusun Sengkaling kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar di wilayah pedukuhanya.

" Yang perdana kita selerenggarakan di tahun 2021 kemarin, " Terang Kasun Sengkaling yang akrab disapa Wawan ini. Sabtu, (30-07-2022).

Rangkaian acara, lanjut Wawan, diantaranya Adhek Janur, yaitu membuat janur dan di pasang di tiap gapura masing-masing gang kampung.

Selanjutnya, masih kata Wawan, ada Bari'an yang dilaksanakan di Jl. Wijaya Kusuma. "Bari'an merupakan selamatan dan doa bersama dengan tujuan semua warga, khususnya Sengkaling hidupnya aman dan tentram, " jelasnya.

Puncak kegiatan bersih Dusun ditandai dengan Khataman Qur'an serentak se Dusun Sengkaling, arak tumpeng hingga diakhiri dengan berdoa bersama lintas agama.

Dirinya berharap, dengan adanya selamatan dusun, Sengkaling akan semakin maju dan berkembang, terbebas dari segala macam musibah dan masalah.

"Semoga apa yang kita lakukan mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT. Semua warganya sehat lahir, batin dan ekonomi semakin membaik," Harap Wawan.

Tidak lupa, ia mengucapkan rasa terimakasih yang besar pada kepala desa beserta perangkatnya atas dukungan dan support hingga terlaksananya bersih dusun ini.

"Kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya pada kepala desa dan perangkat desa telah mendukung kegiatan bersih dusun. Tak lupa juga kepada seluruh warga Sengkaling khususnya ketua RT dan RW se Dusun Sengkaling," Tutupnya.

Kepala Desa Mulyoagung, Suheri, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Dusun Sengkaling dengan membuat kegiatan bersih dusun.

"Selamat atas terselengaranya kegiatan bersih dusun yang dilaksanakan warga Sengkaling. Semoga apa yang diharapkan warga Dusun Sengkaling bisa terlaksana dan mendapat berkah dari Tuhan YME, " tutur Suheri.

Sementara, Widodo, salah satu warga Sengkaling yang turut hadir menyaksikan bersih dusun, mengatakan jika dirinya sangat senang sekali dengan adanya kegiatan tersebut.

"Kami sangat senang mas, sudah lama gak ada kegiatan seperti ini. Semoga tahun depan bisa meriah lagi," kata Widodo.

Bahkan, ia berharap bersih dusun tahun depan, selain rangkaian acara yang sudah terlaksana hari ini, bisa ditambahi dengan adanya pasar rakyat dan pameran UMKM produk asli warga Sengkaling. (Syahrul).

Editor : Redaksi

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gelar Bersih Dusun, Ini Yang Dilakukan Masyarakat Sengkaling

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT