Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Daerah

Gempa Pagi Buta kaget kan Warga Jember, BPBD Masih Kumpulkan Info Terdampak

profile
Rochul

09 Juli 2022 10:36

761 dilihat
Gempa Pagi Buta kaget kan Warga Jember, BPBD Masih Kumpulkan Info Terdampak
Informasi rilis gempa BMKG. (SJP)

JEMBER - Guncangan gempa dengan kekuatan 5,4 SR dan 5,0 SR, terasa di wilayah Kabupaten Jember sekitar pukul 03.27 WIB, Sabtu (9/7/2022) sempat bikin warga keluar rumah.

Menurut data informasi yang disampaikan oleh BMKG yang diteruskan BPBD Jember.

Pusat gempa pertama berada di 9,64 Lintang Selatan; 112,91 Bujur Timur. Tepatnya berjarak 171 km Barat Daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berada pada kedalaman 10 km.

Sementara untuk guncangan gempa kedua, pusatnya berada di 9,57 Lintang Selatan; 112,93 Bujur Timur. Tepatnya 163 km Barat Daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dan berada pada kedalaman sama 10 km tidak jauh dari gempa pertama.

Menurut Petugas Pusdalops BPBD Jember Holik, guncangan gempa terjadi dua kali.

"Yang terasa itu tadi sekitar pukul setengah empat pagi. Kemudian yang kedua barusan pukul enam ini," kata Holik saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.


Untuk guncangan gempa yang dirasakan, lanjut Holik, dari informasi yang diterima dari Pusdalops BPBD Jember berada di wilayah selatan Jember.

"Informasi sementara yang kami terima dari kawan-kawan relawan, wilayah pesisir selatan sangat merasakan guncangan gempa. Apalagi gempa terjadi dua kali," katanya.

"Kami saat ini masih menampung informasi, apakah ada dampak dari guncangan gempa yang terjadi dua kali ini," sambungnya.

Terpisah salah seorang warga Kecamatan kencong mengatakan bernama imam Syafi'i, untuk guncangan gempa cukup terasa di wilayahnya.

"Saya terasa untuk yang pertama tadi (guncangan gempa). Waktu tidur, Terjadi kira-kira 30 detik getarannya. Bahkan sangking kerasnya, kaca bergetar dan bunyi 'gredek' gitu," ungkapnya.

Guncangan gempa itu, katanya, cukup mengagetkan. Apalagi terjadi saat pagi hari dan pada saat warga sedang tidur.

"Karena kaget, saya teriak Lindu Lindu,(gempa) dan semua warga di lingkungan dusun Krajan ponjen kidul keluar rumah semua," terangnya.

Lebih lanjut ditanya wilayah tempat apa terjadi kerusakan atau tidak dirinya menyampaikan tidak ada, hanya beberapa buah genteng miliknya yang terjatuh akibat getaran gempa.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gempa Pagi Buta kaget kan Warga Jember, BPBD Masih Kumpulkan Info Terdampak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT