Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Daerah

Hari Kemerdekaan RI, Warga Perumahan di Jember Nobar Film Dokumenter Pahlawan

profile
Rochul

17 Agustus 2022 15:54

473 dilihat
Hari Kemerdekaan RI, Warga Perumahan di Jember Nobar Film Dokumenter Pahlawan
Kegiatan Warga Perumahan di kabupaten Jember. (SJP)

JEMBER - Ratusan warga perumahan Bumi Tegal Besar (BTB) RT 05 RW 18 Lingkungan Tegal Besar, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember, punya cara unik merayakan malam jelang Hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia, Selasa (16/8/2022) malam.

Ratusan warga perumahan itu berkumpul di Lapangan fasilitas umum (fasum) nonton bareng (nobar) film dokumenter Pahlawan Jenderal Soedirman.

Acara nobar itupun digelar, menurut Ketua RT Kartiko Aji untuk mengingatkan tentang perjuangan para pahlawan saat berjuang meraih kemerdekaan, dan sebagai acara temu kangen warga. 

“Terlebih lagi, dua tahun belakangan ini jarang kumpul warga akibat pandemi Covid-19. Jadi saat pandemi Covid sudah tidak terlalu banyak. Kita ajak kegiatan renungan malam kemerdekaan dengan nobar film dokumenter tentang pahlawan ini,” kata Aji.

Diakui oleh Aji, kegiatan jelang malam kemerdekaan ini terasa canggung.

“Karena memang diakui dua tahun sangat jarang sekali kumpul. Adapun kegiatan warga kumpul, hanya malam minggu. Itupun tidak semua,” katanya.


“Tapi Alhamdulillah malam ini semua dapat berkumpul. Ya semoga menjadi berkah dan ungkapan rasa syukur karena Kemerdekaan ke-77 negara dan bangsa kita,” sambungnya.

Terpisah Ketua Panitia Kegiatan Peringatan 17 Agustus Hariyono mengatakan, adanya giat nobar ini memberikan manfaat bagi warga.

“Kita tahu kan beberapa tahun belakangan jarang kumpul karena pandemi Covid. Selain itu, juga banyak isu-isu soal radikalisme yang memecah belah persatuan. Jadi dipilih giat nonton film dokumenter tentang pahlawan ini, untuk ingatkan warga bagaimana perjuangan meraih kemerdekaan itu,” ujar Hariyono.

Hariyono menjelaskan, kegiatan kumpul warga memberikan manfaat positif bagi warga.

“Karena bisa guyup rukun dan sambung silaturrahmi yang sangat bermanfaat,” katanya.

Alasan dipilihnya film dokumenter perjuangan Jenderal Soedirman?

“Karena Jenderal Soedirman merupakan contoh seorang pahlawan dan prajurit yang totalitas dalam berjuang. Kita sama-sama tahu, di tengah beliau sedang sakit. Tapi rela berjuang untuk menjaga dan meraih kemerdekaan,” ulasnya.

“Perjuangan Jenderal Soedirman yang dilakukan setelah 17 Agustus 1945, merupakan contoh bagaimana kita generasi saat ini bisa mencontoh perjuangan beliau, untuk menjaga berkah kemerdekaan ini,” ungkapnya. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Hari Kemerdekaan RI, Warga Perumahan di Jember Nobar Film Dokumenter Pahlawan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT