Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Beberapa Wilayah Kabupaten Malang alami Banjir Bandang Dan Tanah Longsor

profile
Senopati

18 Oktober 2022 16:41

472 dilihat
Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Beberapa Wilayah Kabupaten Malang alami Banjir Bandang Dan Tanah Longsor
Bencana banjir bandang di wilayah Malang selatan Kabupaten MalangΒ 

KABUPATEN MALANG -  Hujan deras dengan intensitas tinggi beberapa hari ini yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang menjadi penyebab banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Desa Sitiarjo, Tamban, Sumberagung, dan Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Desa Lebakharjo, Pujiarjo dan Purwodadi Kecamatan Ampelgading serta Desa Desa Sukodono dan Srimulyo Kecamatan Dampit.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang, Nur Fuad Fauzi, Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi dari dini Sekitar Pukul 04.00 di wilayah Kabupaten Malang khususnya di Malang wilayah Selatan mengakibatkan tinggi muka Air di Hulu Sungai Panguluran Sungai Desa Kedung Banteng.

"Akibat kenaikan muka air di sungai Panguluran mengakibatkan kampung di Hilir Sungai Panguluran Desa Sitiarjo mengalami Kenaikan dan Air mulai memasuki rumah warga karena Hilir Sungai Panguluran di Pantai Ungapan tertahan oleh air pasang laut. Kemudian Saluran Irigasi Sungai Panguluran di desa Kedungbanteng ke Arah Desa Sitiarjo mengalamai kerusakan dan juga air meluap dan memasuki beberapa Rumah Warga," kata Nur Fuad Fauzi sàat dihubungi awak media, Selasa (18/10).

Untuk kondisi terkini dari pasca banjir, luar air dan tanah longsor di wilayah Malang selatan ondisi Terkini hujan masih berlangsung dengan intensitas sedang di Wilayah Malang selatan, hulu Sungai Panguluran Kedung Banteng Sumawe Menujukan Angka di 170cm dengan status siaga, namun air di pemukiman warga masih menggenang tapi berangsur surut.

Jalan menuju Desa Sukodono Kec. Dampit tertutup longsor serta Desa Pujiharjo Kec.Tirtoyudo tertutup longsor, dusun krajan 2 Desa Lebakharjo Kec. Tirtoyudo tertutup longsor, Desa Argoyuwono tertutup longsor, jalur menuju Lebakharjo via Purwoharjo tertutup longsor, jalur menuju Desa Sidorenggo Kec. Ampelgading Tertutup longsor, jalur menuju Desa Tamansari Kec. Ampelgading tertutup longsor, akses jalan Desa Ampelgading Kec. Tirtoyudo tertutup longsor. akses Jalan Ke Dusun Rowotratai masih tergenang air sekitar 20cm -100cm Meter. aliran Listrik Mati di Dusun Rowotratai Desa Sitiarjo Kec. Sumawe

"Dari BPBD Kabupaten Malang sendiri untuk pendataan dan penanganan bencana akan terus berlangsung tiap hari sampai penanganan dan pendataan selesai semua, dan upaya yang dilakukan sampai hari ini koordinasi dan kajian cepat, evakuasi warga rentan di wwilayah terdampak ke tempat aman, mendirikan layanan dapur umum oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Malang, diistribusi makanan bungkus siang dan malam sejumlah 350 bungkus untuk warga Dusun Rowotrate Desa Sitiarjo Kec. Sumawe, distribusi Logistik dan pengiriman Alat Berat," terang Nur Fuad.

Sementara itu, Bupati Malang H?M Sanusi bersama Forkompimda dan OPD saat meninjau bencana di Posko bencana Sitiarjo , Senin malam (17/10), mengungkapkan, curah hujan dengan intensitas tinggi menjadi penyebab banjir. Khusus untuk Desa Sitiarjo, disini merupakan muara dari air sungai yang ada di Sumbermanjing Wetan. Muaranya hanya satu, ketemunya disini. 

Evakuasi terus dilakukan sembari menunggu dan berharap air kembali surut. Kita upayakan, khusus yang ada di Rawa Teratai ini, masyarakatnya siap dengan kegiatan mitigasi, jadi mereka punya tempat di atas. Bahkan, mobil pun parkirnya di atas rumah. Hanya bagian yang di bawah yang terendam, bagian atas masih bisa dijadikan tempat tinggal," ungkap Abah Sanusi.

Bupati menyebut, Beliau lantas menyebut, Info sementara hingga malam ini (Senin malam), wilayah terdampak bencana longsor, luapan air maupun banjir bandang meliputi Desa Lebakharjo dan Pujiharjo, Purwodadi yang ada di wilayah Kecamatan Ampelgading, Desa Sitiarjo, Tamban, Sumberagung, Harjokuncaran di Kecamatan Sumbermamjing Wetan, Desa Sukodono dan Srimulyo, Kecamatan Dampit. Namun diakuinya yang terparah adalah banjir di Desa Sitiarjo hingga mengakibatkan 540 KK terdampak. 

''Untuk totalnya yang terdampak akibat bencana se Kabupaten Malang, belum tertotal semua, karena hingga malam ini masih terus dilakukan pendataan dan asesmen. Banjir bandang ini terjadi cukup mendadak, air sungai hingga meluap ke pemukiman warga. Hingga malam ini, masih terus dilakukan pendataan oleh para Camat terhadap masing-masing wilayahnya, atas terdampak banjir. Namun alhamdulillah, sejauh ini tidak ada korban jiwa," pungkas Bupati Malang.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Beberapa Wilayah Kabupaten Malang alami Banjir Bandang Dan Tanah Longsor

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT