Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Jalur Malang-Batu Sementara di Tutup Untuk Roda Empat, Dikarenakan Jalan Ambles

profile
Arkana

28 November 2022 17:00

642 dilihat
Jalur Malang-Batu Sementara di Tutup Untuk Roda Empat, Dikarenakan Jalan Ambles
Penutupan jalur Malang-Batu sementara untuk roda empat, akibat jalan ambles di Jurang Susuh. (SJP)

KOTA BATU – Jalur tembusan Batu-Malang sementara ditutup untuk pengguna roda empat. Hanya pengguna roda dua yang bisa melewati, dikarenakan terjadi jalan ambles diwilayah Jurang Susuh, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Sabtu (26 November 2022)

Kepala BPBD Kota Batu,  Agung Sedayu, menjelaskan, ambrol sebagian tanah dikarenakan intensitas hujan sangat tinggi sehingga mengakibatkan pergeseran tanah.

Dengan pergeseran tanah itu, mengakibatkan ambrolnya plengsengan penahan jalan. Petugas sudah memasang batas pengaman jalan dilokasi. 

"Diguyur hujan hampir setiap hari mengakibatkan gesernya tanah hingga separuh jalan ambles, apalagi menahan beban pohon besar yang ada di pernukaan jalan," ujarnya.

Pihaknya mengatakan, perbaikan jalan akan dilakudilakukan secepat mungkin. Anggaran diperkirakan akan menggunakan Belanja Tidak Terduga (BTT), serta akan berkoordinasi dengan DPUPR Kota Batu terkait kebutuhan biaya infrastruktur jalan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat menyampaikan,  pihaknya telah memantapkan kajian terkait teknis. Metode perbaikan infrastruktur jalan di jalan itu ada beberapa opsi.

Mengingat mendekati akhir tahun, Alfi berharap penanganan perbaikan jalur akses masuk ke Kota Batu agar lebih cepat, antisipasi kemacetan pada akhir tahun, dikarenakan arus kendaraan mengalami peningkatan. 

"Akan kami mantapkan dulu kajian teknisnya. Mungkin 1 hingga 2 hari selesai menentukan metode perbaikanya sekaligus anggranya. Kalau metode manual mencukupi waktunya, kami pakai itu dan biayanya murah, daripada pakai teknologi namun lama waktu pengerjaanya dan biayanya mahal," ungkapnya. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jalur Malang-Batu Sementara di Tutup Untuk Roda Empat, Dikarenakan Jalan Ambles

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT