Kamis, 30 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Jaring Kalifah untuk MTQ Jatim 2023, Pemkot Mojokerto Helat Lomba MTQ ke-7

profile
Andy

14 Juni 2022 22:55

411 dilihat
Jaring Kalifah untuk MTQ Jatim 2023, Pemkot Mojokerto Helat Lomba MTQ ke-7
Pemukulan gong oleh Wali Kota Mojokerto Ning Ita sebagai tanda dimulainya lomba MTQ ke-7. (SJP)

KOTA MOJOKERTO - Dalam rangka menjaring kafilah untuk mewakili Kota Mojokerto dalam perhelatan MTQ ke-30 tingkat Jawa Timur tahun 2023 mendatang, Pemkoy menghelat lomba MTQ ke-7, Selasa pagi (14/6/2022).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 di Pendopo Sabha Krida Tama, Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita menyampaikan, penjaringan dan seleksi ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kota Mojokerto dalam memberikan perhatian kepada qori dan qoriah.

"Jangan jadikan MTQ hanya sebatas lomba untuk mendapatkan prestasi semata, namun jadikan ini sebagai media untuk meningkatkan pengalaman dalam menghadapi para dewan juri. Agar kafilah atau duta Kota Mojokerto terus dapat mengukir dan meraih prestasi yang terbaik nantinya," pesannya.

Lebih lanjut Ning Ita mengatakan, ia tidak mentargetkan seperti apa nantinya, karena seberapapun prestasi yang dimiliki oleh anak-anak  sebagai penjaga dan pengamal Alquran ini, sangat layak atau harus untuk diberikan apresiasi dan menjaga mereka.

Menurutnya, anak-anak ini juga menjadi generasi yang berkelanjutan, tidak hanya putus pada generasi ini, namun selanjutnya masih akan terus dibina, sehingga ada kader-kader aset-aset baru yang akan terus muncul dan selalu menjadi penjaga dan pengafal Alquran dari kota Mojokerto.

"Kita tidak harus mengejar sebuah prestasi dalam ajang perlombaan, terpenting bagaimana dalam membina dan menjaga para penghafal dan pengamal alqur'an, ini aset harus terus berkelanjutan, jangan sampai putus pada generasi ini,  generasi selanjutnya harus terus ada sampai Yaumul Qiyamah. Penjaga dan pengaman Alquran ini harus tetap ada dari Kota Mojokerto," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Kota Mojokerto yang juga Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk penjaringan calon peserta terbaik dari setiap cabang musabaqah yang akan mewakili Kota Mojokerto pada event MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 di Kota Pasuruan.

"Jumlah peserta sebanyak 234 anak, terdiri dari lomba tartil anak sebanyak 75 anak, lomba tilawah anak sebanyak 34 anak, lomba tilawah remaja 45 anak, lomba MSQ (Syahril Qur'an) sebanyak 54 anak dan lomba 1 Juz tilawah sebanyak 26 anak," tukasnya.

Menurut Gaguk, terdapat lima cabang lomba yang dilaksanakan serentak hari ini, dengan lokasi penyelenggaraan berbeda. Yakni lomba tilawah anak-anak di Masjid Baitun Nur Jl. Benteng Pancasila, lomba tilawah remaja di Masjid Al Ghufron Miji, lomba tartil di kantor Kemenag Kota Mojokerto, serta pidato remaja (MSQ) dan MHQ 1 juz tilawah di lingkungan kantor Pemkot Mojokerto.

"Lomba MTQ ke-7 ini sebagai salah satu sarana untuk pembinaan dan pendidikan mental spiritual melalui pemahaman dan penghayatan terhadap isi dan kandungan Alquran. Selain itu juga untuk melestarikan seni budaya baca Alquran dan memupuk ukhuwah islamiyah," pungkasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jaring Kalifah untuk MTQ Jatim 2023, Pemkot Mojokerto Helat Lomba MTQ ke-7

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT