Selasa, 24 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Jelang Mudik, Cek Kondisi Bus dan Sopir di Tes Urine Di Tawang Alun Jember

profile
Rochul

27 April 2022 20:43

440 dilihat
Jelang Mudik, Cek Kondisi Bus dan Sopir di Tes Urine Di Tawang Alun Jember
Bus Terminal Tawang alun kabupaten Jember. (SJP)

JEMBER - Jelang pelaksanaan mudik yang dimulai Kamis 28 April 2022, sejumlah bus di Terminal Tawangalun, Kecamatan Sukorambi, Jember dicek kelaikan (kondisi, red) oleh Dishub Jember. 

Para sopir bus yang ada di terminal juga diperiksa urine. Untuk mengetahui kondisi kesehatan dari para sopir, agar saat bekerja memberikan keselamatan bagi para pemudik.


Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama Satpel Terminal Tawang Alun, Satlantas Polres Jember, Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

"Pengecekan kelaikan bus dan tes urine ini, untuk memastikan kelaikan sejumlah armada bus sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran yang juga adalah instruksi pemerintah pusat kepada seluruh kabupaten atau kota di Indonesia," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Agus Wijaya, Rabu (27/4/2022).

Untuk pemeriksaan yang dilakukan, lanjut Agus, meliputi kondisi kesehatan kendaraan, juga secara langsung memeriksa spesifikasi jaringan bus yang terintegrasi dengan pusat.

"Termasuk surat-surat kendaraan dan Kesehatan kru armada," sebutnya.

Kata Agus, jika ditemukan kendaraan yang tidak sesuai standar. Nantinya akan diambil tindakan tegas dikeluarkan dari terminal dan memberikan arahan kepada supir atau kru yang bersangkutan. Untuk tidak beroperasi terlebih dahulu.

"Namun jika kondisi kendaraan, surat-surat, hingga kondisi kesehatan kru atau supir baik, maka dapat tetap melanjutkan perjalanan dan mendapatkan sticker kelayakan," ucapnya

Pantauan di Terminal Tawangalun, ada sekitar empat bus yang diperiksa, dan satu kendaraan bus mini.

Diketahui satu bus jurusan Surabaya - Jember dinilai tidak layak jalan.

Agus juga menambahkan, selain dilakukan pengecekan kendaraan. Terhadap para sopir juga dilakukan pemeriksaan tes urine.

"Tapi dari pantauan sementara, semua negatif narkoba dan kondisi sopir baik," tandasnya.

Terpisah salah seorang sopir bus yang dinilai tidak layak jalan, Ahmad mengatakan jika bus yang dikemudikannya mengalami ketidaklayakan dari bagian ban kendaraan.

"Niatnya tadi mau ganti ban. Tapi pengambilan barangnya (ban ganti) terlambat. Tapi kita taat aturan sementara tidak jalan dulu. Nanti akan ganti ban di garasi kami di Probolinggo. Langsung hari ini," terangnya.(Lum)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jelang Mudik, Cek Kondisi Bus dan Sopir di Tes Urine Di Tawang Alun Jember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT