Minggu, 22 Mei 2022
Peristiwa Daerah

Jelang Ramadan, Ratusan Santri Situbondo Pulang Kampung

profile
Sarwo

24 Maret 2022 15:21

3.9k dilihat
Jelang Ramadan, Ratusan Santri Situbondo Pulang Kampung

SITUBONDO, - Jelang Ramadan, ratusan santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Banyuputih, Situbondo, dari sejumlah kepulauan di Kabupaten Sumenep.

Kepulangan santri dengan menggunakan KMP Satya Kencana dengan tujuan kepulauan Raas, Sepudi, Kangean dan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura ini, dibagi dua, diantaranya santri putra dan santri putri dengan menggunakan jasa pelayaran KMP Setya Kencana dari Pelabuhan Jangkar. 

Untuk santri putra, kemarin sore Rabu (23/3/2022), ratusan santri sudah berangkat dengan 2 KMP Satya Kencana dengan tujuan pulau Raas dan Sepudi.

"Pada pagi hari ini kepulangan 80 santri putra pada pukul 08.20 WIB dengan menggunakan KMP Dharma Kartika tujuan Pulau Raas dan dilanjutkan sebanyak 272 santri putri pada pukul 10.00 WIB dengan tujuan pulau Sapudi menggunakan KMP Satya Kencana dan Insya Allah besok pagi para santri yang hendak ke pulau Kangean,"kata Peltu AL Supriyadi, Dan Pos TNI AL Kamla Jangkar,"Kamis (24/3/2022) siang.

Menjelang Ramadan, lanjut Peltu AL Supriyadi, mudik lebih awal ini merupakan tradisi tahunan para santri dari luar kota dari beberapa pondok pesantren di Situbondo.

"Sejak kemarin hingga hari ini masih didominasi santri dari P2S2 Sukorejo. Untuk sampai di kampung halamannya,
para santri akan berlayar selama kurang lebih 5 jam,"tuturnya.

Ia menambahkan, dalam pengamanan pulang berjamaah (Puja) santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi,'iyah (P2S2) Sukorejo di pelabuhan Jangkar pihaknya bersama personil Polsek Jangkar, Koramil, Syahbandar, Sat Polair Polres Situbondo, Dishub, Satpol PP dan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jangkar.

"Selain melakukan cek suhu tubuh kepada ratusan santri sebelum masuk kapal, petugas juga mewajibkan para santri untuk mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan telah melakukan vaksinasi dosis kedua,"terang Peltu AL Supriyadi.

Sementara itu Homitiya Zahro salah satu santri asal Pulau Raas mengungkapkan, menjelang Ramadan, mudik merupakan tradisi tahunan para santri dari pondok pesantren.

"Jelang Ramadan santri libur selama empat puluh hari, kami bersama santri lainnya akan kembali ke pondok setelah lebaran idul Fitri. Mudah mudahan dalam perjalanan pulang hingga kembali ke pondok mendatang, selamat sampai tujuan,"ungkapnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jelang Ramadan, Ratusan Santri Situbondo Pulang Kampung

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT