Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

Jembatan Nyaris Ambles, Diurug Warga Dengan Bongkaran Rumah

profile
Achmad

20 November 2022 19:49

588 dilihat
Jembatan Nyaris Ambles, Diurug Warga Dengan Bongkaran Rumah
LSM LBSI bersama warga setempat saat mengecek lokasi bahu jalan yang longsor. (SJP)

KABUPATEN LUMAJANG – Adanya bahu jalan yang longsor pada sisi timur jembatan di Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Rowokangkung, terlihat sudah diurug dengan material bongkaran rumah, oleh warga setempat, sekitar 5 hari yang lalu.

Menurut salah seorang warga sekitar, Sofi, kepada media ini menerangkan kalau sebelumnya longsoran itu semakin melebar, meskipun pihak dinas terkait telah melakukan penanganan sementara dengan menutup lubang dengan bronjong sak saja.

“Ya, lima hari lalu sudah kami urug dengan hasil bongkaran rumah. Ada rumah warga yang dibongkar, jadi itu yang dibuat untuk mengurug, mas,” kata Sofi kepada awak media, Minggu (20/11/2022).

Sofi beserta warga lainnya, tetap berharap agar pemerintah dengan cepat melakukan perbaikan secara permanen, yang dikawatirkan akan kembali tergerus arus sungai yang semakin hari semakin besar debit airnya. 

“Kalau tidak dibangun secara permanen, kawatir jembatannya yang ikut ambles,” terangnya lagi.

Sebagai fungsi kontrol sosial pemerintah terhadap masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat Lumajang Bergerak Satu Indonesia (LSM LBSI) Kabupaten Lumajang, mendatangi lokasi amblesnya bahu jalan persis di ujung jembatan tersebut.

“Kepada pemerintah terkait agar secepatnya melakukan perbaikan secara permanen, karena longsorannya sudah sangat berbahaya, walaupun warga sudah melakukan pengurukan, tidak menutup kemungkinan urugan itu akan kembali digerus derasnya aliran air hujan. Dan jembatan nya juga rawan ambruk,” ujar Ketua LSM LBSI Kabupaten Lumajang, Didik Pramono kepada awak media ini. 

Kalau jembatannya sampai ambruk, maka menurut Didik, pemerintah, akan semakin besar dana yang harus dikeluarkan untuk pembangunan tersebut.

Selain itu, kata Didik, juga membahayakan para pengguna jalan. 

“Ini sangat membahayakan para pengguna jalan, rambu-rambu yang dulunya dipasang, sekarang juga sudah rusak, jadi memang sangat rawan sekali ini, apalagi kalau dilewati angkutan bermuatan besar,” tambahnya dengan wajah serius.

Didik bersama dengan anggotanya, mencoba mendatangi dinas terkait hal ini, sebab ini, diduga ranahnya dinas pengairan propinsi Jawa timur.

“Coba besuk kami kan mencoba mencari info, ini masuk ranah dinas pengairan kabupaten apa propinsi, dan kami akan segera mencari solusi dan berkoordinasi lebih lanjut,” bebernya.

Sebelumnya, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Lumajang, Heri Kurniawan, kepada awak media sempat menyampaikan, kalau longsor di bahu jalan, tepatnya di sisi timur jembatan yang berada di Desa Dawuhan Wetan, yang menghubungkan antar dua kecamatan tersebut, diupayakan diperbaiki secara permanen pada tahun 2023 mendatang. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jembatan Nyaris Ambles, Diurug Warga Dengan Bongkaran Rumah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT