Rabu, 30 November 2022
Peristiwa Daerah

Kabut Tebal Ganggu Lalulintas Kota Batu, Jarak Pandang Terbatas 

profile
Doi

18 Oktober 2022 15:32

494 dilihat
Kabut Tebal Ganggu Lalulintas Kota Batu, Jarak Pandang Terbatas 
Kabut tebal turun di Kota Batu, sebabkan menipisnya jarak pandang pengguna lalulintas. (SJP)

KOTA BATU – Setelah hujan turun lebat di Kota Batu sejak pagi hari, Selasa (18/10/2022) kabut tebal ganggu pengguna lalulintas, sebab jarak pandang terbatas. 

Pantauan suarajatimpost.com banyak kendaraan roda dua maupun roda empat menurunkan laju kecepatannya untuk menghindari kecelakaan.

Diperkirakan jarak pandang hanya 7-10 meter sejak pukul 13.15 WIB, Selasa (18/10/2020).

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan jika fenomena turunnya kabut tersebut merupakan hal yang wajar setelah hampir seharian hujan turun.

"Meski begitu saya mengimbau agar pengendara berhati-hati saat jarak pandang terbatas. Apalagi BMKG telah merilis bahwa musim penghujan tahun ini terjadi lebih awal. Kami mengimbau masyarakat waspada," tegas Agung.

Agung menegaskan, kabut ini terjadi karena suhu turun menjadi dingin. Kabut yang turun ini sering terjadi di Kota Malang pada tahun 70 hingga 80 an.

Diketahui, sejak 4 Oktober 2022 status siaga darurat bencana alam sudah ditetapkan oleh BPBD, sebab Kota Batu merupakan daerah yang cukup rawan tanah longsor dan banjir.

"Potensi itu berada di kawasan Kecamatan Bumiaji dan Batu. Hasil pemetaan Kecamatan Bumiaji  ada enam titik yang berpotensi mengalami longsor. Empat lainnya ada di Kecamatan Batu," ujarnya.

Begitu juga banjir luapan, ada tujuh desa berpotensi karena seringnya ada sumbatan, terlebih kawasan padat penduduk. 

"Pasalnya, di kawasan padat penduduk sering ditemukan tumpukan sampah yang menutup saluran air. Sedangkan potensi angin beliung justru muncul di Kecamatan Junrejo," tutupnya.

Terkait fenomena ini, Kasatlantas Polres Batu, Akp Lya Ambarwati, mengatakan jika pihaknya sudah melaksanakan apel siaga bencana sebagai langkah antisipasi jika terjadi sesuatu saat bencana.

"Sekarang kami sedang melakukan imbauan di medsos, sebagai antisipasi para pengguna jalan, jika jarak pandang terganggu nyalakan lampu hazard dan tetap berhati-hati saat berkendara, serta kurangi kecepatan," tandas dia. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kabut Tebal Ganggu Lalulintas Kota Batu, Jarak Pandang Terbatas 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT