Senin, 27 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang Peduli ODGJ

profile
Achmad

26 Mei 2022 18:35

321 dilihat
Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang Peduli ODGJ
Komisi D saat berkunjung ke rumah warga ODGJ. (Akhmad/SJP)

LUMAJANG – Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, merupakan satu dari sedikit orang yang memperhatikan kondisi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Kepedulian terhadap warga atau masyarakat yang mengalami gangguan jiwa atau ODGJ, ditunjukkan dengan mengunjungi secara langsung rumah warga ODGJ di Desa Padang dan Desa Barat, Kecamatan Padang, Kamis (26/5/2022) pagi. 

“Aksi sosial seperti ini, memang sudah basic saya, bahkan sebelum menjadi anggota dewan. Jadi, dalam posisi sekarang, tentu saya akan maksimal dalam memberikan perhatian dan perlakuan kepada warga, terutama kepada mereka yang keterbelakangan mental,” katanya kepada suarajatimpost.com via chat whatsapp.

Menurut Supratman, apa yang dilakukannya ini merupakan tindakan nyata semata-mata ibadah dan yang terpenting bagi siapapun yang mengurus ODGJ harus memiliki jiwa yang sabar. 

“Mengurus ODGJ memerlukan energi dan kesabaran luar biasa serta ikhlas, sebab mereka juga mahluk ciptaan Sang Khalik. Jadi tidak ada perbedaan dalam memberikan perlakuan,” papar wakil rakyat dari Kecamatan Senduro ini.

Supratman juga berjanji akan terus siap membantu bahkan dalam pemenuhan kebutuhan hidup penderita. 

“Insyaallah saya akan terus bantu untuk kebutuhan mereka di sini, seperti pakaian dan kebutuhan perlengkapan mereka sesuai kemampuan kami,” jelasnya lagi.

Pihak keluarga ODGJ ini, kata Supratman tidak menghendaki perawatan sebab berjanji tetap menyayangi ODGJ layaknya manusia normal.

Supratman sendiri mengaku telah studi banding penanganan ODGJ ke Kabupaten Lamongan.

“Alhamdulillah kami mendapatkan ilmu dari Lamongan, sorang petugas polisi yang meluangkan waktunya mengurus ODGJ. Itulah yang menbuat ketertarikan kami memberikan hal yang sama kepada ODGJ,” pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang Peduli ODGJ

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT