Senin, 28 November 2022
Peristiwa Daerah

Kirab Tumpeng dan Karnaval Ke-191, Masyarakat Songgokerto Berharap Keberkahan

profile
Arkana

16 November 2022 08:12

616 dilihat
Kirab Tumpeng dan Karnaval Ke-191, Masyarakat Songgokerto Berharap Keberkahan
Grebeg tumpeng pada acara sedekah bumi Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. (SJP)

KOTA BATU – Kelurahan Songgokerto melaksanakan Kirap Tumpeng dan Karnaval. Salah satu bentuk rasa syukur masyarakat dalam bentuk sedekah bumi.

Memasuki tahun yang ke-191 salah satu bentuk melestarikan budaya warga Desa Songgokerto. Selasa 15 November 2022 kemarin.

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kirap tumpeng sangat besar, berebut sajian tumpukan hasil bumi adalah momen yang ditunggu tungu, banyak yang meyakini mendapat buah tumpeng bisa mendapat rezeki melimpah.

Salah satu warga Songgokerto, Tri Lestari, salah satu warga yang setiap tahunnya selalu mengikuti kegiatan ini.

"Iya saya setiap tahun pasti mengikuti, Alhamdulillah saya dapat jagung, apel dan  kentang, harapanya semoga Desa Songgokerto diberi keberkahan dan masyarakatnya lancar rezekinya," Ungkapnya

Jabutan tumpeng adalah rangkaian dari kirap tumpeng yang dinanti masyarakat yang meliputi 9 RW di Desa Songgokerto,  Kecamatan Batu, Kota Batu. 

Mengikuti kirap warga mengenakan pakain sembari berjalan mengelilingi tiga wilayah di kelurahan songgokerto meliputi lingkungan slSonggoriti, Krajan dan Tambuh.

Tarian tarian juga disajikan peserta didepan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, terlihat berada didepan Kantor Kelurahan Songgokerto. Terdapat sepuluh tumpeng  dan hasil bumi sebagai tanda terimakasih kepada Sang Pencipta.

Ketua Panitia, Andika Krisnaloka, mengatakan kegiatan ini untuk melestarikan budaya yang sudah ada, serta sebagai wujud tolak balak dari segala hal buruk.

"Melalui kegiatan ini masyarakat akan smakin guyup rukun dan sebagai ajang menuangkan kreativitas serta mendongkrak wisata Kota Batu," Tuturnya 

Dia juga mengatakan, setelah kegiatan ini masih ada acara wayang dan kesenian budaya lainya. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kirab Tumpeng dan Karnaval Ke-191, Masyarakat Songgokerto Berharap Keberkahan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT