Senin, 27 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Komisi C Turutserta Meningkatkan PAD Lumajang Dari Berbagai Sektor

profile
Achmad

23 Juni 2022 07:57

369 dilihat
Komisi C Turutserta Meningkatkan PAD Lumajang Dari Berbagai Sektor
Stockpile pasir terpadu berlokasi di Kecamatan Sumbersuko. (SJP)

LUMAJANG - Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang berupaya turut serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak Minerba bukan logam.

Caranya dengan melakukan Pemeriksaan Surat Keterangan Asal Barang (SKAB) di lokasi Stockpile terpadu Kecamatan Sumbersuko.

Menurut Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang, Hadi Nur Kiswanto kepada media ini mengatakan kalau masih ada saja temuan terkait adanya angkutan pasir tidak memiliki SKAB. 

"Kami hanya ikut serta dalam meningkatkan PAD Kabupaten Lumajang khususnya pajak minerba bukan logam," katanya saat dijumpai awak media, Rabu kemarin 22 Juni 2022.

Anggota dewan asal Kecamatan Pasrujambe ini mengatakan, pihak Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Kabupaten Lumajang, telah melaksanakan pengecekan SKAB sejak tanggal 13 Juni 2022 lalu. 

"Pengecekan SKAB 24 jam non stop mulai 2 hari kemarin, namun temuan angkutan pasir yang tidak ber SKAB masih di temukan tiap hari," keluhnya.

Politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga menyampaikan kepada petugas BPRD untuk menahan truk bermuatan pasir yang tidak ber SKAB, untuk mengambil SKAB dari tambang atau Stockpile dimana mereka mengambil pasirnya.

"Terkait Stockpile dan penambang yang nakal untuk di data akan ada tindakan tegas selanjutnya," ungkapnya.

Dikatakan Hadi, pihaknya sebagai fungsi kontrol untuk Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lumajang, dia berharap PAD Lumajang tahun ini tercapai dan terlampaui, salah satunya dari Minerba bukan logam ini.

Saat pembahasan LKPJ 2021, Hadi melihat capaian PAD minerba bukan logam dari pagu kesepakatan Rp 25 miliar hanya tercapai Rp 10,1 miliar atau sekitar 40 persen saja.

"Maka dari itu, kita dorong BPRD dan OPD terkait untuk memanfaatkan lahan Stockpile terpadu untuk memeriksa SKAB truk, sekalian nanti mendata Stockpile mana saja yang melanggar, ini kita akan turun bersama, baik DPRD, dinas terkait termasuk satgas pasir," tutupnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Komisi C Turutserta Meningkatkan PAD Lumajang Dari Berbagai Sektor

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT