Selasa, 28 Juni 2022
Peristiwa Daerah

Komisi D DPRD Lumajang Berikan Upaya Penyelesaian Persoalan ODGJ

profile
Achmad

21 Mei 2022 21:21

447 dilihat
Komisi D DPRD Lumajang Berikan Upaya Penyelesaian Persoalan ODGJ
Ketua Komisi D saat bersama Purnomo pengelola yayasan ODGJ Lamongan. (SJP)

LUMAJANG - Dalam rangka menyelesaikan permasalahan dan penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Lumajang, Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Yayasan Purnomo Kabupaten Lamongan.

Saat dihubungi melalui sambungan selularnya, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman menjelaskan, kedatangan komisinya dalam rangka melakukan koordinasi dan sharing terkait penanganan penderita ODGJ.

"Sebab masih banyak sekali penderita ODGJ di Kabupaten Lumajang yang belum ditangani oleh pemerintah," katanya kepada awak media ini, Sabtu (21/5/2022) via chat WhatsApp.

Sementara ini, kata Supratman, jika ada ODGJ akan di rawat, pastinya di rujuk ke RSJ Lawang, Malang. Hal ini dilakukan, karena memang adanya keterbatasan fasilitas dan nakes, akhirnya masih ada saja yang masih belum tertangani dengan maksimal.

"Kami disini, melalui Yayasan yang dibina Purnomo, diharapkan dapat menampung dan merehabilitasi penderita ODGJ. Meskipun pada dasarnya yang ditangani Yayasan tersebut tidak hanya dari Kabupaten Lamongan saja, melainkan juga kabupaten dan kota se Propinsi Jawa Timur, bahkan juga luar Propinsi Jawa Timur," jelasnya.

Dikatakan wakil rakyat dari Kecamatan Senduro ini, masih melihat bagaimana besarnya perjuangan sosok Purnomo dalam menangani ODGJ. Dan ini sangat perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah, terlebih pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Menurut Supratman, Yayasan tersebut tidak hanya mendapat apresiasi saja, melainkan supaya mendapatkan perhatian dari pemerintah. Pasalnya, kata Supratman, Yayasan tersebut bersifat sosial dan sukarelawan.

“Artinya, tidak ada pungutan sepeserpun dari bapak Purnomo, kalau ada yang memberi ya diterima, kalau tidak ada, ya tidak ada masalah. Sehingga supaya ini dapat dijadikan perhatian, baik terkait fasilitas maupun yang lainnya dari DPRD Provinsi Jawa Timur, khususnya bagi DPRD Jawa Timur dapil setempat,” paparnya lagi.

Dengan demikian, diharapkan Yayasan tersebut dapat menampung dan dapat melakukan penanganan penderita ODGJ hingga sembuh. Terlebih, nantinya dapat pula melakukan penanganan penderita ODGJ yang dari wilayah Kabupaten Lumajang.

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Komisi D DPRD Lumajang Berikan Upaya Penyelesaian Persoalan ODGJ

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT