Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Daerah

Korsleting Listrik, Rumah warga Situbondo Hangus Terbakar, Kerugian Rp 50 Juta

profile
Sarwo

11 Desember 2022 10:31

1k dilihat
Korsleting Listrik, Rumah warga Situbondo Hangus Terbakar, Kerugian Rp 50 Juta
Konsleting listrik, rumah warga Situbondo hangus terbakar (SJP) 

KABUPATEN SITUBONDO – Sebuah rumah dipemukiman padat penduduk di Dusun Nyamplong, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo hangus terbakar, kerugian mencapai Rp 50 juta.

Rumah permanen tersebut terbakar saat ditinggal pemiliknya bernama Akmari (45) bersama keluarganya pergi keluar rumah mengikuti pengajian di desa sebelah. Terbakarnya rumah milik korban diduga karena korsleting listrik.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu malam, 10 Desember 2022, sekitar pukul 20.30 WIB. Saat itu kepulan asap dan kobaran api dilihat oleh beberapa tetangganya.

"Kobaran api dan asap mengepul dari bagian tengah rumah korban. Setelah saya cek ternyata rumah dalam keadaan kosong, ditinggal pemiliknya pengajian,"tutur Arifin, saksi yang pertama kali melihat kobaran api, Minggu (11/12/2022) pagi.

Melihat api semakin membesar, lanjut Arifin, kemudian dirinya berteriak minta tolong dan memberitahukan ke tetangga sekitar untuk menghubungi pemiliknya.

"Dengan hitungan detik, warga sekitar datang kelokasi berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Sementara tetangga yang lain menghubungi petugas damkar dan pemilik rumah yang sedang mengikuti pengajian,"ucapnya.

Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Puriyono membenarkan, stelah menerima laporan, anggota BPBD bersama dinas terkait dan 1 unit damkar milik Pemkab Situbondo yang disiagakan di Kecamatan Asembagus melakukan kaji cepat menuju lokasi kejadian.

"Setiba dilokasi, petugas damkar langsung melakukan pemadaman dan pembasahan agar tidak merembet ketempat lain. Sekitar pukul 21.20 WIB, api berhasil dipadamkan,"kata Puriyono.

Lebih lanjut Puriyono menyampaikan, terbakarnya rumah milik Akmari, diduga akibat konsleting listrik. Akibatnya, selain rumah milik korban, perabotan rumah tangga dan uang tunai Rp 20 juta yang ada didalamnya, juga ikut hangus terbakar.

"Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini. Kebakaran diduga dipicu korsleting listrik. Akibat peristiwa ini, korban mengalami kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 50 juta,"pungkas Puriyono. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Korsleting Listrik, Rumah warga Situbondo Hangus Terbakar, Kerugian Rp 50 Juta

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT