Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Daerah

Kota Batu Waspad DBD Saat Musim Penghujan

profile
Arkana

01 November 2022 08:33

474 dilihat
Kota Batu Waspad DBD Saat Musim Penghujan
Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengimbau kewaspadaan DBD. (SJP)

KOTA BATU – Memasuki musim penghujan, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso imbau masyarakat waspada penyakit yang rentan di musim penghujan, yakni Demam Berdarah Dengue (DBD).

Punjul merasa jika DBD harus diwaspadai, mengingat kasus pada tahun 2022 ini, kasus dengan gejala panas tinggi itu mengalami lonjakan.

Wakil Wali Kota Batu,  mengajak masyarakat  untuk melakukan pencegahan dan antisipasi DBD. Pencegahan seperti pengecekan penampungan air disekitar lingkungan, dari tingkat Kecamatan, Desa diseluruh Kota Batu. 

"Kita mulai saat ini harus bersama melawan DBD, kita harus rutin mengecek genangan air yang bisa menimbulkan sarang nyamuk, entah didalam rumah maupun disekitar lingkungan, karena saat ini hujan sudah sering turun," tegasnya 

Selain itu, Punjul meminta, camat, lurah,  kepala desa dan kepala puskesmas untuk melakukan penyuluhan serta pembinaan kepada RT/RW perihal memberantas sarang nyamuk dan menjaga kebersihan. 

"Lewat pesan ini, menjadi landasan kami untuk melakukan kebersamaan menjaga kebersihan lingkungan masing masing. Untuk merubah kebiasaan masyarakat harus sadar pentingnya menjaga lingkungan," imbuhnya 

Gejala DBD sendiri, di Kota Batu saat ini mencapai 90 kasus yang sudah ditemukan, salah satunya balita meninggal karena terjangkit DBD.

"Mengingat adanya kasus DBD hingga fatal seperti ini, Alhamdulillah semangat masyarakat untuk menjaga lingkungan menuai hasil, hingga bisa menurunkan jumlah kasus ini," pungkasnya 

Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr Susana Indahwati juga menambahkan, untuk menanggulangi DBD pihaknya sudah berkoordinasi dengan Puskesmas secara berkala.

"Selain aktivitas tersebut, juga pemantauan jentik bersama kader jumantik disetiap Desa/Kelurahan di Kota Batu," ungkap dia.

Selain itu pihaknya menggencarkan pesan 3M. Yakni Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat menampung air seperti bak mandi, ember, tempat air minum dan lain lain. Menutup rapat tempat penampungan air seprti drum, kendi, tandon dan lain sebagainya. 

Jika ada yang terjangkit DBD disuatu rumah, maka harus dilakukan penyisiran genangan air dengan radius 200 meter. dengan tujuan agar nyamuk tidak terus berkembang biak," pungkas Susan. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kota Batu Waspad DBD Saat Musim Penghujan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT