Senin, 27 Maret 2023
Peristiwa Daerah

KPU Kota Batu Tidak Membatasi Periode PPS dan KPPS

profile
Arkana

10 November 2022 17:38

687 dilihat
KPU Kota Batu Tidak Membatasi Periode PPS dan KPPS
Komisioner KPU Kota Batu, Marliana memberikan keterangan kepada awak media. (SJP)

KOTA BATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, mengumumkan dibolehkanya panitia penyelenggara pemilu dua periode tahun lalu mendaftar kembali.

Seperti Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemung Pemungutan  Kecamatan (PPK) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Kebijakan tersebut ditegaskan oleh Komisioner KPU Kota Batu, Marliana, dalam agenda Sosialisasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) sesuai keputusan KPU RI Nomor 438 Tahun 2022 di Hotel SSamara, Kamis (10/11/2022)

Marlina juga menyatakan, pihaknya memastikan aturan terbaru membolehkan mantan panitia penyelenggara dua periode tahun lalu mendaftar kembali.

"Mantan panitia penyelenggara sebelumnya boleh mendaftar kembali menjadi PPS atau KPPS, dan masih berhak memiliki jam kerja pada pemilu 2024 mendatang," jelasnya

Dia juga mengatakan, faktor kesulitan mencari panitia penyelenggara tingkat desa, kecamatan dan kelurahan, solusinya ada pada kebijakan baru ini.

"Bukan hanya periode saja yang dibebaskan, namun untuk honor untuk panitia penyelenggara juga bakal dinaikkan nominalnya," tandanya

Sekadar informasi, pada pemilu tahun 2019,  honor per bukan ketua PPK sebesar Rp 2,2 juta, Nantinya akan naik menjadi Rp 2,5 juta bagi ketua, Rp 2,2 juta untuk anggota PPK.

Selanjutnya untuk honor Ketua PPS yang sebelumnya sebesar Rp 900 ribu naik menjadi Rp 1,5 juta dan anggota PPS Rp 1,3 juta.

Begitu juga untuk honor ketua KPPS yang sebelumnya Rp 500 ribu naik menjadi Rp 1,2 juta sedangkan anggota KPPS sebesar Rp 1,1 juta.

Kenaikan honor tersebut sudah tertuang pada surat keputusan KPU RI tertanggal 7 september, SK Menkeu Nomor F647/MK. 02/MK/2022 Tanggal 5 Agustus 2022. tentang Satuan Biaya Masukan Lainya (SBML) Tahapan Pemilu dan Pilkada. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

KPU Kota Batu Tidak Membatasi Periode PPS dan KPPS

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT